Berita Terkini: Saksikan Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016 Dipuncaki Pukul 18.50, Berikut Gerhana Sepanjang Tahun 2016!!

0
3452
gerhana bulan

Berita Terkini: Saksikan Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016 Dipuncaki Pukul 18.50, Berikut Gerhana Sepanjang Tahun 2016!!

indowarta.comGerhana bulan penumbra diperkirakan terjadi pada 23 Maret 2016. Komunitas pecinta Astrnomi Jogja Astro Club (JSC) mengajak warga Jogja untuk menyaksikan gerhana bulan penumbra. Rencananya meraka akan menyaksikan bersama-sama di Alun-Alun Jogja pada Rabu 23 Maret 2016.

Pengamatan secara visual akan dilakukan menggunakan dua teleskop. Kedua teleskop tersebut akan disambungkan ke kamera. Dalam kesempatan ini, warga dapat melihat gerhana bulan penumbra melalui dua teleskop itu. Hasil foto dari gerhana tersebut akan dipaparkan dan akan dijadikan kajian bersama-sama.

Warga diajak untuk mencintai dunia astronomi.  Namun disisi lain tak dipungkiri juga kalau gerhana bulan penumbra ini sulit diamati dengan mata secara langsung tanpa bantuan teleskop.

Pengamatan gerhana bulan penumbra akan dilakukan pada hari Rabu 23 Maret 2016. Pengamatan dimulai pukul 17.45 WIB hingga gerhana berakhir yaitu pada pukul 20.57 WIB. Diperkirakan puncak gerhana bulan penumbra ini terjadi pada pukul 18.50 WIB.Tidak hanya menyaksikan gerhana bulan penumbra, warga juga akan diberikan wawasan dan edukasi mengenai hal ini.

Gerhana bulan penumbra terjadi pada saat posisi bumi menghalangi cahaya matahari ke bulan. Sedangkan bulan berada pada titik bumi yang cenderung gelap (penumbra). Oleh sebab itu piringan bulan purnama seolah masih terlihat utuh namun cahayanya meredup.

gerhana bulan

Bagi masyarakat awam, gerhana bulan penumbra ini jarang mereka sadari. Hal ini karena gerhana bulan penumbra tidak memiliki tanda-tanda yang mencolok. Mungkin juga ada yang tidak tahu sama sekali tentang gerhana ini. Hasil observasi dari gerhana ini akan dilaporkan ke Kanwil Kementrian Agama DIY.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kupang memprediksi gerhana bulan penumbra ini akan tertutup oleh awan. Pihak BMKG Kupang juga memprediksi akan terjadi gerhana setidaknya sebanyak 6 kali di tahun 2016 ini. Berikut jadwal yang diprediksikan oleh BMKG Kupang :

  1. Gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016
  2. Gerhana bulan penumbra (GBP) 23 Maret 2016
  3. Gerhana bulan penumbra (GBP) 18 Agustus 2016
  4. Gerhana matahari cincin (GMC) 1 September 2016
  5. Gerhana matahari sebagian (GMS) 1 September 2016
  6. Gerhana matarahi penumbra (GBP) 16-17 September 2016

baca juga :

Berita Terkini: Fenomena Ajaib Saat Gerhana Matahari, Laut Surut Seperti Tsunami Hingga Guntur !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here