Berita Terkini: Sekarang Peserta BPJS Kesehatan Bisa Lihat Riwayat Kesehatan Via Mobile Screening Lho !

    0
    1554
    BPJS Kesehatan
    Copyrigth©Tribun Jateng

    Sekarang Peserta BPJS Kesehatan Bisa Lihat Riwayat Kesehatan Via Mobile Screening Lho !

    Indowarta.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini meluncurkan fitur mobile screening dengan nama Skrining Riwayat Kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di beberapa tempat di Indonesia, termasuk di Soreang, Kabupaten Bandung.

    Jika sebelumnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual, maka sekarang mereka bisa melihat potensi resiko kesehatannya, cukup dengan melakukan skrining melalui fitur tersebut.

    Menurut penjelasan yang diberikan oleh Jayadi selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang, ini merupakan langkah untuk mempermudah masyarakat.melalui aplikasi tersebut, nantinya peserta dapat mengakses beragam informasi.

    Berita Terkini: Sekarang Peserta BPJS Kesehatan Bisa Lihat Riwayat Kesehyatan Via Mobile Screening Lho !
    Copyrigth©Pojok Satu

    Informasi tersebut terkait dengan program jaminan kesehatan nasional secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun. Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini data di unduh melalui Google Play Store.

    Untuk bisa mengakses aplikasi tersebut, rupanya cukup mudah. Yakni pengguna harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Apabila telah terdaftar, masuk ke aplikasi melalui tombol log in, setelah itu pengguna dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan.

    Apabila pengguna aplikasi tersebut terdeteksi memiliki risiko kesehatan sedang hingga berat, maka akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksa kesehatannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar.

    Namun, jika hasil skrining menunjukkan pengguna memiliki risiko yang rendah, maka akan tercantum saran-saran kesehatan seperti pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit untuk setiap harinya.

    Selain menu tersebut, aplikasi BPJS Kesehatan rupnya juga menyediakan menu lain untuk mengecek status kepesertaan, data tagihan. Tak hanya itu aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek lokasi fasilitas kesehatan dan catatan pembayaran.

    Selain itu, pengguna aplikasi ini juga diminta untuk mengisi 47 pertanyaan seputar kebiasan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, pola makan, dan lain sebagainya. Setelah pertanyaan tersebut dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil screening riwayat kesehatan saat itu juga.

    Biasanya ada empat penyakit kronis yang sering terabaikan oleh masyarakat Indonesia, seperti diabetes mellitus, hipertensi, ginjal kronis, dan jantung coroner. Sehingga kehadiran dari fitur skrining ini dapat mengelola penyakit-penyakit kronis itu sejak dini.

    Baca Juga Belum Tahu, Begini Lho Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here