Apa yang menyebabkan Gusi Berdarah, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini !

0
1295
Copyrigth©gilangnews

Apa yang menyebabkan Gusi Berdarah, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini !

Indowarta.com – Saat Anda menyikat gigi, biasanya terdapat darah bercampur dengan busa pasta gigi atau mungkin menempel pada sikat gigi, lalu bagaimana reaksi Anda? Darimanakah darah itu berasal? Itulah yang terjadi pada gusi berdarah.

Sebenarnya apa sih penyebab gusi berdarah yang paling mungkin dan sedang dialami agar lebih mudah dalam perawatan serta mengatasinya hingga tuntas agar tidak terjadi hal serupa lagi. Tahukah Anda, Gusi sebenarnya memiliki banyak sekali pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat sehingga gusi berwarna kemerahan?

Hal inilah yang memungkinkan gusi mudah berdarah saat terjadi trauma, peradangan atau yang lainnya. Disamping itu, gigi juga merupakan salah satu jaringan penyongkok gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi juga akan mempengaruhi gusi, begitupun sebaliknya, jadi berhati-hatilah ketika melakukan perawatan gigi, mending pakai saja bahan alami seperti pisang, jeruk nipis, garam, dan sebagainya yang berfungsi untuk memutihkan dan menguatkan gigi.

Penyebab dari gusi berdarah dikelompokkan menjadi dua, yakni penyebab lokal dan penyebab sistemik. Penyebab lokal artinya pendarahan pada gusi disebabkan oleh masalah lokal pada gigi dan gusi itu sendiri, antara lain yaitu :

  • Kebersihan Gigi dan Mulut yang buruk

Apabila seseorang malas gosok gigi maka akan mudah terbentuknya plak, tartar, dan karang gigi dari sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Hal itu dapat membuat iritasi dan peradangan pada gusi. Peradangan dapat menyebabkan gusi berdarah dan bengkak, perlu diketahui juga bahwa Rajin Sikat Gigi Saja Ternyata Tak Cukup Untuk Mencegah Sakit Gigi, untuk mengetahui sebaiknya apa saja yang dilakukan bisa diketahui dengan klik link tersebut.

Apa yang menyebabkan Gusi Berdarah, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini !
Copyrigth©Tribunnews
  • Trauma pada gusi

Dapat terjadi saat terlalu bersemangat menggosok gigi menggunakan sikat gigi berbulu keras yang dapat menimbulkan trauma pada gusi. Sehingga alangkah baiknya menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan mengganti sikat gigi paling lama tiga bulan.

Ketahui Juga : Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alamiah dan Tanpa Bahan Kimia !

  • Gigi miring atau mal-posisi

Gigi miring atau gigi yang tumbuh tidak semestinya membuat maakanan mudah terjebak dan sulit untuk dibersihkan. Hal ini biasanya terjadi pada gigi geraham bagian belakang. Jika tidak segera diatasi, dapat membuat gusi disekitarnya meradang dan mudah berdarah, biasanya orang yang mengalami ini akan memasang bahel untuk mengatasinya akan tetapi jika Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !.

  • Penyakit periodontal

Radang gusi yang tidak diobati dengan baik berpotensi menyebabkan penyakit periodontal, dimana peradangan menyebar ke jaringan dan tulang yang menyongkok gigi. Selain berdarah, mungkin juga terdapat nanah diatara gigi dan gusi.

Penyebab sitemik gusi berdarah, penyebab gusi berdarah masalah ini karena masalah pada tubuh secara keseluruhan, yakni :

Baca Nih : Begini Lho Cara Mengatasi Gigi Ngilu Atau Sakit Secara Mudah dan Cepat !

  • Kekurangan vitamin C

Terjadi saat orang jarang makan buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, hal ini menyebabkan gusi bengkak, sakit dan mudah berdarah.

  • Kekurangan vitamin K

Vitamin K adalah faktor da;lam proses pembekuan darah. Jadi jika kekurangan vitamin K tubuh akan memiliki kecenderungan mudah berdarah termasuk pada gusi.

kedua vitamin tersebut bisa diketahui makanan apa saja sih yang baik untuk gigi pada link daftar makanan yang paling menyehatkan untuk dikonsumsi gigi.

  • Perubahan hormone pada wanita

Hal ini terjadi saat pubertas, hamil atau fase postmenopause. Perubahan hormone terutama saat hamil dapat membuat gusi lebih sensitive dan mudah berdarah, nah untuk alasannya bisa disimak nih pembahasan tentang apakah normal sering mengalami gusi berdarah saat hamill ? berikut.

  • Gangguan pembekuan darah

Biasanya terjadi pada orang yang mengidap hemophilia, ITP, dan leukemia.

  • Obat-obatan

Obat-obatan tertentu yang memiliki efek mengencerkan darah seperti aspirin, warfarin, dan heparin jika digunakan secara berlebih dapat menyebebkan gusi berdarah.

Simak Yuk : Pakai Pemutih Gigi Ternyata Malah Membuat Gigi Kuning Lho, Simak Faktor Lainnya Disini !

  • Kanker

Kanker darah atau kanker sumsum tulang.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya?

  1. Keberishan gigi dan mulut yang baik merupakan langkah utama untuk meminimalisir gusi berdarah. Kunjungi dokter gigi paling tidak satu tahun dua kali.
  2. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut pada gigi yang meradang.
  3. Jika sudah melakukan dua hal diatas namun tetap terjadi gusi berdarah,maka periksa lanjutan apakah ada penyebab sitemik haru dijadwalkan.
  4. Terlepas dari penyakit yang disebutkan diatas, mungkin apa penyebab lain seperti penggunaan tembakau, baik itu menginang atau merokok. Kemudian juga faktor stress, terapi radiasi, HIV dan lainnya, atau bisa juga ciuman yang terdapat pada link ini memicu gusi anda jadi berdarah.

Itu tadi hal-hal seputar gigi berdarah, semoga bermanfaat ya.

Baca Juga Berikut Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alamiah dan Tanpa Bahan Kimia !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY