Berita Terkini: Hakim Sidang Ahok Diganti, Ada Apa?

0
3461
Sidang Ahok
Copyrigth©Kompas

Hakim Sidang Ahok Diganti, Ada Apa?

Indowarta.com – Hakim Joseph V Rahantoknam kini digantikan oleh Didik Wuryanto untuk mengadili perkara dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara memastikan penggantian hakim sidang Ahok tidak akan mempengaruhi independensi dan kinerja.

Seperti yang telah dikatakan oleh Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi hari ini, Kamis 16 Februari 2017. Ia memastikan independensi dari hakim yang baru. Ia menyebut, itu sudah merupakan prinsip-prinsip dalam melaksanakan tugas kekuasaan hakim, terbebas intervensi apapun.

Joseph digantikan sejak dua pekan lalu ketika harus dirawat di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat. Sehingga posisisnya sebagai hakim sidang Ahok pun diisi oleh hakim pengganti, yakni Didik Wuryanto.

Berita Terkini: Hakim Sidang Ahok Diganti, Ada Apa?
Copyrigth©KataRiau

Pada Rabu 15 Februari 2017 malam, Joseph akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit yang ia derita tersebut. Joseph meninggal pukul 19.30 WIB di RSCM. Belum diketahui secara persis penyakit apa yang diderita oleh Joseph.

Namun diketahui, jika Joseph telah dua kali absen dalam sidang Ahok lantaran harus opname. Hakim Didik yang sebelumnya menggantikan Joseph pun akan menempati posisinya secara tetap. Nantinya ia akan menggantikan sampai akhir sidang.

Dalam sidang Ahok, ada lima hakim yang mengadilinya dari awal sidang. Kelima hakim tersebut adalah Dwiarso Budi Santiarto, Jupriyadi, Abdul Rosyad, Joseph V Rahantokman dan I Wayan Wirjana. Dwiarso sendiri merupakan ketua majelis hakim.

Kasus penodaan agama dengan terdakwa Ahok ini sudah digelar beberapa kali, bahkan hari Senin 13 Februari 2017 lalu, merupakan sidang lanjutan ke 10. Dalam sidang tersebut direncanakan akan dihadiri oleh empat orang saksi.

Akan tetapi hanya dua dari empat ahli yang telah dijadwalkan yang akahirnya memberikan keterangan. Sidang Ahok yang digelar di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan Senin (13/2) lalu berakhir pukul 15.30 WIB.

Dua saksi ahli yang telah memberikan keterangannya yakni ahli bahasa mahyuni dan ahli agama Muhammad Amin Suma. Sedangkan dua sakis yang tidak memberikan keterangan adalah ahi pidana, Mudzakir dan Abdul Chair Ramadhan. Sidang tersebut juga ada hakim Didik yang mulai saat ini menggantikan posisi hakim Joseph yang telah meninggal.

Baca Juga Berita Terkini: Penjelasan MUI Dalam Sidang Ahok Terkait Kata ‘Dibohongi Pakai Al Maidah’ !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY