Berita Terkini: KPU DKI Harapkan Real Count Pilkada DKI Akan Selesai Tadi Malam !

0
830
Berita Terkini: Media Asing Ikut Soroti Hasil Pilkada DKI Jakarta !
Copyrigth©Jurnas

KPU DKI tegaskan Skemanya Tidak Sama Dengan Quick Count !

Indowarta.comKPU DKI berharap  hasil sementara Pilgub DKI dapat diketahui hari ini. sementara scan dan input data penghitungan suara Pilgub DKI berada di Hotel Bidakara.

Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay mengatakan jika malam kemarin semua sudah menyerahkan C1 nya. Mereka berharap sebelum matahari terbist sudah bisa didapatkan hasilnya.

Menurut KPU DKI, setiap daerah mempunyai pusat scan dan input data sendiri yang tidak hanya di Jakarta. Hal ini sebagai bentuk transparansi dari KPU.

Hadar mengatakan ini merupakan hasil yang ditabulasikan sehingga didapatkan totalnya. dan ini merupakan bentuk kerja transparan dari KPU DKI.

Ia juga menjelaskan bahwa skema yang dilakukan dari perhitungan di pusat scan dan input data berbeda dengan skema quick count. Dimana skema quick count hanya mengambil sampel. Sedangkan di KPU DKI proses penghitungan betul- betul semua data dihitung.

KPU
Copyrigth©Poskota News

Hadar juga menegaskan prosesnya bukan quick count. Jika quick count ada sampelnya. Tapi skema yang dilakukan KPU sejenis mentabulasi semua hasil di TPS dan hasil sementara saja.

Kegiatan ini untuk membuka aspirasi masyarakat. Termasuk hasil perhitungan suara dari kecamatan maupun kelurahan di DKI Jakarta yang disampaikan tadi malam bisa diakses masyarakat umum. Publik dapat membuka situs KPU jadi bisa menyampaikan koreksi jika melihat ada perbedaan.

Seperti yang dikutip dari pernyataan Hadar, “Ini juga untuk membuka aspirasi masyarakat jika ada koreksi. Kalau ada yang lihat, kok hasilnya berbeda, nanti bisa kita cari tahu perbedaannya di mana. Dan kalau ada kesalahan, bisa kita koreksi, misalnya jumlah surat suara sah dan tidak sah tidak sesuai dengan jumlah DPT, DPPh, dan DPTb. Di situ kan mungkin ada kekeliruan. Jadi, kalau memang terjadi kekeliruan, kami akan beri tahukan kepada PPK agar dikoreksi. Jadi ini sebagai ruang koreksi jika ada kesalahan”

baca juga :

Berita Terkini: Memahami Aturan Putaran 2 Pilkada DKI Jakarta Secara Gamblang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here