Berbagai Hal yang Musti Kamu Ketahui Tentang Mata Merah !

0
1594
Berbagai Hal yang Musti Kamu Ketahui Tentang Mata Merah !
Copyrigth©Gogobli

Berbagai Hal yang Musti Kamu Ketahui Tentang Mata Merah !

Indowarta.com – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami Mata Merah, hal itu memang cenderung mengganggu saat berkomunikasi dengan orang lain. Bukan hanya saat berkomunikasi dengan orang lain, namun rasa nyaman itu pasti juga dirasakan oleh penderitanya sendiri. Karena biasanya juga akan disertai dengan rasa sakit, perihm, gatal, berair, atau bahkan bengkak hingga membuat pengelihatan menjadi samar.

Sebenarnya apa ih penyebabnya hingga mata menjadi merah ?

Biasanya mata merah membuat bagian puth mata terlihat merah sepenuhnya atau hanya berupa garis-garis merah. Itu disebabkan oleh pembuluh darah mata membengkak dan mata sedang iritasi.

Kondisi itu juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja alergi, mata lelah, infeksi, luka mata atau bisa menandakan penyakit mata yang lebih serius seperti ulkus kornea atau glukoma. Hal umum yang menyebabkan mata merah adalah :

  • Konjungtivitis

Merupakan salah satu infeksi mata yang paling umum dam menular. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan di konjungtiva, yakni lapisan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata.

Sehingga hal itu membuat pembuluh darah pada mata membengkak, membuat mata terlihat merah dan eakan-akan terasa kesat. Peradangan bisa disebabkan oleh banyak hal, muali dari alergi, demu, atau terkena infeksi.

Berbagai Hal yang Musti Kamu Ketahui Tentang Mata Merah !
Copyrigth©detikKesehatan
  • Mata kering

Tahukah Anda, bahwa air mata berfungsi sebagai penangkal infeksi, pelumas yang menyebabkan kelembapan mata dan membersihkan kotoran serta debu yang ada. Sering bertambahnya usia, kelembaban mata juga semakin berkurang.

Mata kering juga dapat disebabkan oleh cuaca panas dan kering atau berangin. Penggunaan lensa kontak secara terus menerus, atau peradangan pada kelopak mata.

Terlalu lama bekerja menghapad komputers rupanya bisa membuat mata lelah, kering, atau justru berair. Selain itu Anda juga cenderung merasa sakit kepala dan kelelahan luar biasa. mata berkedip lebih jarang saat bekerja didepan komputer.

Hal tersebut yang membuat mata merah dan kering, pastikan untuk beristirahat setiap beberapa jam dan tetaskan obat mata jika diprlukan agar mata tetap lembab.

  • Luka

Cedera pada mata, misalnya karena kecelakaan, kecerobohan, atau goresan kecil yang membuat kornea mata lecet, baru menjalani operasi, luka bakar dapat menyebabkan mata merah. Itu karena pembuluh mata melebar untuk mengalirkan lebih bnayak darah ke lokasi cedera sehingga penyembuhan dapat berjalan dengan cepat.

Lebih baik segera temui dokter jika ada benda sing yang tidak sengaja masuk dan melukai mata, agar segera ditangani.

Jika mata merah, lakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegahnya menjadi lebih parah.

  1. Jangan menyentuh mata karena bisa menular ke mata sebelahnya
  2. Jangan menggunakan make up atau kontak lensa terlebih dahulu
  3. Gunakan kain lembut dan bersih yang telah dibasahi, kemudian tempelkan kepasa mata. Hal ini dapat melembabkan sekaligus membersihkan mata.

Namun segera kunjungi dokter mata secepatnya jika terjadi gejala mata merah disertai dengan rasa sakit, mual, sakit kepala. Yang parah pengelihatan menjadi terganggu atau mata menjadi sensitive trhadap cahaya.

Bagaimanapun juga, apabila kondisi tersebut tidak kunjung membaik selama beberapa hari, maka disarankan untuk segera menghubungi dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga Kupas Tuntas Soal Vasektomi, Definisi Tujuan Sampai Resiko yang Bisa Diakibatkan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here