Ini Dia, Duet maut BUMN yang Disiapkan Untuk Kelola Tambang Freeport !

0
724
panama papers

Ini Dia, Duet maut BUMN yang Disiapkan Untuk Kelola Tambang Freeport !

Indowarta.com– Niat dari pemerintah untuk mengambil alih tambang emas dan juga tembaga millik Freeport di Gasberg, Papua ini semakin menguat saja. Bahkan kini pemerintah telah memersiapkan sebanyak dua Badan Usaha Miliki Negara atau BUMN untuk mengelola tambang tersebut.

Dua BUMN yang telah dimaksud oleh pemerintah ini adlaah PT. Indonesia Asahan Aluminium (inalum) dan juga PT. Aneka Tambang (Antam). Dari duet dua BUMN ini, diharapkan bahwa nanti akan siap mengemban misi demi kepentingan sosial.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta pada hari Senin 27 Februari 2017 telah mengatakan “Bisa saja nanti Inalum dengan Antam. Bisa saja nanti Inalum-Antam dengan private sector”.

Jika Masih Berulah, Jokowi Akan Turun Tangan langsung Tangani Kasus Freeport !
Copyrigth©Liputan6

Lalu mengenai pengelolaan dari tambangnya, pemerintah pada saat ini masih mempertimbangkan beberapa opsi. Salah satu opsinya adalah dengan cara mencaplok divestasi sahan Freeport.

Seperti yang telah diketahui bahwa ada ketentuan bagi Freeport untuk melepas sebanyak 51 persen sahamnya. Walaupun begitu, pemerintah akan membuka dialog dengan Freeport terkait dengan rencana itu. Luhut memastikan bahwa nantinya pemerintah akan mementingkan kepentingan nasional. Luhut mengatakan “Intinya kita cari solusi supaya win-win, tetapi tidak boleh korbankan kepentingan nasional”.

Pada siang hari ini Luhut akan menggelar rapat dengan Inalum terkait dengan rencana pemerintah ini. Pada kesempatan yang sebelumnya, Luhut sangat yakin bahwa perusahaan BUMN ini akan mampu mengelola tambang Freeport.

Dalam hal ini PT. Freeport Indonesia berencana akan menempuh cara arbitrase untuk mencapai kata sepakat dengan pemerintah terkait dengan perubahan status Kontrak Kayra menjadi Izin Usaha Pertambanga Khusus (IUPK) .

Luhut mengatakan bahwa jika dalam langkah arbitrase nanti pemerintah akan menang melawan PT. Freeport Indonesia, maak pemerintah akan mengambil alilh tambang yang telah lama dikelola perusahan tambang asal Amerika Serikat itu.

Luhut mengatakan “Pemerintah kan bisa ada Inalum, tergantung Menteri BUMN lah. Tapi sudah dipersiapkan, sangat sanggup lah (Inalum kelola Freeport). Itu kan bukan green field. Sangat sanggup”.

baca juga :

Jika Masih Berulah, Jokowi Akan Turun Tangan langsung Tangani Kasus Freeport !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY