Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?

0
1012
gusi berdarah
Copyright ©Mother and Baby Indonesia

Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?

Indowarta.com – Selama hamil, perut Anda bukan satu-satunya bagaian tubuh yang akan membengkak. Pasalnya gusi Anda juga bisa bengkak, memerah, sensitive, dan gusi berdarah terutama saat Anda menggosok gigi dan menggunakan benang gigi. Mengapa bisa demikian?

Menurut keterangan yang diberikan oleh dokter gigi RSU Bunda Jakarta, Mira Madjid, hal ini terjadi karena faktor ibu hamil yang kurang dalam menjaga kebersiahan mulut dan gigi ditambah dengan perubahan hormon ketika hamil.

Rupanya saat hamil akan terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesterone. Hal inilah yang membuat reaksi jaringan gusi terhadap plak berlebihan sehingga dapat memicu radang gusi yang ditandai dengan gusi berdarah.

Apabila gusi berdarah ini terjadi dan biarkan saja maka tulang di gigi Anda akan hilang atau bone loss. Ketika dasar gigi untuk berdiri hilang, maka akan membuat gigi lama-kelamaan menjadi goyang, nah Apa yang menyebabkan Gusi Berdarah, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya bisa disimak pada link tersebut.

Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?
Copyright ©Koran Jakarta

Maka dari itu, pada para ibu hamil diimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan ggi dengan tepat. Tak ketinggalan pula juga menjaga asupan nutrisi yang baik tak hanya untuk kandungan namun juga bagi gigi dan mulut agar tidak mudah mengalami gusi berdarah.

Namun saat gusi berdarah atau merasa sakit ada beberapa hal yang musti Anda lakukan, diantaranya adalah :

  1. Merawat gigi

Gosok gigi dan gunakan benang gigi setidaknya dua kali sehari. Bersihkan gigi dengan lembut dengan teknik menggosok dan menggunakan benang yang baik. pastikan gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Jangan menggosok gigi terlalu keras karena itu dapat mengakibatkan gusi mengalami peradangan, akan tetapi rajin sikat gigi saja ternyata tak cukup untuk mencegah sakit gigi, untuk ketahui apa saja hal yang seharusnya dilakukan bisa diketahui dengan klik link tersebut.

Ketahui Juga : Infeksi Gigi Berlubang Pada Ibu Hamil Berisiko Pecah ketuban Lho!

  1. Menyikat lidah

Tidak hanya gigi yang perlu dirawat. Namun menyikat lidah juga mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam mulut.

  1. Pergi ke dokter gigi

Lakukan pemeriksaan kesehatan mulut ke dokter gigi setidaknya sekali selama hamil. Namun hindari sinarX dan tunda segara perawatan yang membutuhkan anestesi.

  1. Pakailah pembersih mulut

Tanya dokter untuk merekomendasikan pembersih mulur yang dapat digunakan setiap hari untuk mengurangi bakteri dan karang disela menggosok gigi.

Simak Yuk : Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak Lho!

  1. Berkumur-kumur

Jika mengalami morning sicknes selama hamil, pastikan menggosok atau berkumur setelah muntah.

  1. Makan dengan benar

Untuk kesehatan gusi, makan makanan yang mengandung vitamin B12 dan C. karena hal itu akan memperkuat gusi dan mengurangi pendarahan.

Itu tadi informasi mengenai gusi berdarah saat hamil. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Berikut Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alamiah dan Tanpa Bahan Kimia !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY