Berita Terkini: Ternyata Segini Lho Jumlah Gaji pekerja Di Freeport !

0
2265
Copyrigth©Merdeka

Ternyata Segini Lho Jumlah Gaji pekerja Di Freeport !

Indowarta.com – Kabarnya gaji pekerja PT Freeport Indonesia tidak sebesar apa yang diperkirakan oleh orang. Mungkin kebanyakan orang berpikir jika para pekerja mendapatkan gaji yang relativ banyak karena bekerja pada perusahaan tambang yang besar. namun perkiraan itu rupanya salah.

Seperti keterangan yang diberikan oleh pekerja kontraktor Freeport yang mengakui jika pendapatannya sama seperti pekerja lain yang hanya berpatok pada Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat pekerja PT Srikandi Mitra Karya, Indra yang mengatakan jika setiap tahunnya perubahan gaji mereka mengacu pada keputusan UMK dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK).

Berita Terkini: Ternyata Segini Lho Jumlah Gaji pekerja Di Freeport !
Copyrigth©Okezone

Menurut Indra, dengan berpatok pada UMK serta UMSK Mimika, gaji para pekrja kontraktor di Freeport hanya sebesar Rp 3,3 juta hingga Rp 3,5 juta per bulan. UMK Mimika sendiri saat ini Rp 3,1 juta sekian, sedangkan UMSK sampai Rp 3,5 juta.

Perusahaan kontraktor hanya bertugas menyediakan jasa konstruksi dan perawatan mesin saja. Indra mengaku jika dirinnya mengerjakan konstruksi bangunan di salah satu perusahaan terkemuka di dunia tersebut.

Sebelumnya Perhimpunan Advokasi Indonesia (Peradi) juga telah mengungkapkan berapa gaji pekerja Freeport Indonesia yang rupanya jauh dari perkiraan orang selama ini. Gaji para pekerja rata-rata setara dengan Upah Minimum Regional (UMR).

Otto Hasibuan selaku Ketua Dewan Pembina Peradi mengatakan bahwa selama ini banyak pihak yang mengira menjadi pekerja di salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia akan mendapatkan penghasilan yang istimewa dengan berbagai fasilitas.

Namun hal itu rupanya salah. Para pekerja Freeport hanya menerima pendapatan berdasarkan dengan patokan UMR yakni sekitar Rp 3,3 juta. Hal ini sangat tidak sebanding dengan beratnya pekerjaan yang harus mereka lakukan.

Otto juga mengungkapkan dari total 12 ribu pekerja yang ada pada PT Freeport Indonesia tersebut, pekerja lokasl hanya mencapai 4 ribu dan mayoritas dari mereka hanya menduduki level bawah. Hal tersebut tentu saja tak membawa kesejahteraan bagi rakyat Papua. Dengan begitu ada 8 ribu pekerja bukanlah orang Papua.

Baca Juga Berita Terkini: Sri Mulyani Blak-blakan Soal Freeport, Akan Segera Jatuh ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY