Berita Terkini: Setelah Raja Salman, Akhir Maret Nanti Presiden Prancis Akan Bertandang Ke Indonesia !

0
1226
Presiden Prancis
Copyrigth©liputan6

Berita Terkini: Setelah Raja Salman, Akhir Maret Nanti Presiden Prancis Akan Bertandang Ke Indonesia !

Indowarta.com- Presiden Prancis yakni Francois Hollande ini telah berencana untuk melakukan kunjungan bilateral pada akhir bulan Marte 2017 nanti. Hal itu telah ditegaskan dalam pertemuan yang digelar pada hari Selasa 28 Februari 2017 antara Menteri Luar Negeri Perancis Jean Marc Ayrault dengan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Kantor Kemenlu, Jakarta.

Retno pada saat memberikan keterangan pers mengataka nbahwa ini merupakan kunjungan yang bersejarah. Setelah lebih dari 30 tahun tidak ada kunjungan Presiden Prancis ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, ada beberapa tema yang akan dibahas. Retno mengatakan bahwa beberapa tema yang akan dibahas ini adlaah terkait dengan peningkatan kerja sama kemaritiman serta sektor ekonomi kreatif.

Presiden Prancis
Copyrigth©tstatic

Sementata itu telah diketahui bahwa Ayrault telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko widodo di istana Negara pada hari Selasa pagi sebelum bertemu dengan Retno. Tidak hanya itu saja, Ayrault dengan menteri ESDM yakni Ignasius Jonan ini telah diketahui menjadi saksi dalam penandatanganan Letter Of Intent di bidang engeri dan juga energi terbarukan.

Perlu diketahui bahwa Indonesia dan juga Perancis ini telah memili beberapa mekanisme kerja sama bilateral. Beberapa diantaranya adalah mengenai forum kosultasi bilateral tingkat menteri, Indonesia France Defense Dialogue, JWG on Higher Education, JWG on Tourism, dan JWG on Energy.

Pada tahun 2016, nilai perdagangan bilateral ini telah mengalami peningkatan menjadi 2,34 miliar US dollar. Sebelumnya pada tahun 2015 ini nilai perdagangan bialterall ii telah mengalami peningkatan sebesar 2,3 miliar US dollar. Sementara itu antara tahun 2014 hingga tahun 2016 investasi Perancis di Indonesia ini telah mengalami penurunan.

Pada tahun 2014 total dari investasi Perancis ini telah mencapai 200,2 juta US dollar dalam 150 proyek . Lalu pada tahun 2015 total dari investasi ini sebesar 131,6 juta dollar ASD dalam 197 proyek. Lalu pada tahun 2016 ini nilai investasi sebesar 109 juta US Dollar pada 424 proyek.

baca juga :

Berita Terkini: Ahok Malah Mendapatkan Banyak Berkah Dari Sidang Kasus Penodaan Agama?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here