Berita Terkini: Banjir Di Barito Tak Kunjung Surut, Ribuan Rumah Di 16 Desa Terjebak Hingga Transportasi Lumpuh!!

Banjir Di Barito Tak Kunjung Surut, Hingga Sejumlah Jalan Ikut Terendam Air Dan Transportasi Lumpuh!!

0
1313
banjir barito utara

Banjir Di Barito Tak Kunjung Surut, Hingga Sejumlah Jalan Ikut Terendam Air Dan Transportasi Lumpuh!!

indowarta.com– Sejak hari Kamis, 24 Maret 2016, banjir telah melanda kawasan Barito Utara, Kalimantan Tengah. Air telah menggenang di 16 Desa yang diakibatkan Sungai Montalat yang meluap dan akhirnya membawa kesengsaraan untuk warga setempat.

Sampai hari ini, Jumat 25 Maret 2016, banjir juga belum menunjukkan menurun. Hal tersebut membuat sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai Montalat harus mengungsi ke tempat lain. Kebanyakan dari mereka pergi ke rumah sanak saudara yang telah membangun rumah di dataran tinggi.

Menurut Camat Gunung Timang, Barito Utara, Kalimantan Tengah, Setiaji yang mengatakan, banjir yang melanda kali ini telah menyebabkan 16 desa terendam air, begitu juga dengan ribuan kepala keluarga yang ada di wilayah tersebut.

banjir

Banjir ini juga telah melumpuhkan akses transportasi yang ada di sejumlah desa. Untuk ketinggian air yang telah merendam 16 desa tersebut bervariasi. Namun, sampai saat ini air sudah mulai surut, walaupun jalan serta akses menuju desa masih lumpuh.

Desa yang terendam banjir antara lain, Batu Raya I dan Batu Raya II, Pelari, Tongka, Siwau, Payang Ara, Sangkorang, Jaman dan Kandui. Desa-desa tersebut yang terletak di hulu sungai Montallat. Sedangkan desa yang ada di wilayah hilir dan merupakan desa yang paling parah terendam air.

Desa tersebut yaitu, Desa Malungai, Rarawa, Ketapang, Walur, Baliti dan Manjangkan. Desa tersebut terendam air sampai ketinggian 3 meter. Setiaji juga mengatakan jika banjir bandang memang lambat surutnya.

warga mengungsi

Bahkan saking parahnya, transportasi di Jalan Negara Muara Teweh – Banjarmasin di kilometer 60 telah terganggu. Jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh mobil truk atau yang sejenisnya, untuk roda dua, mobil sedan atau mobil rendah lainnya tidak dapat melintas.

Butuh waktu lama untuk surutnya air yang telah merendam sejumlah wilayah tersebut. Menanggapi hal ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara telah mendirikan tenda posko. Tenda tersebut sebagai aksi untuk menanggulangi banjir yang terjadi.

baca juga : Berita Hari Ini: Banjir Rendam Wilayah Ibu Kota Dan Sunagi Bengawan Solo Akibat Curah Hujan Tinggi !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here