Berita Terkini: BPJS Ketenagakerjaan Lebarkan Sayap dan Gandeng RSTC !

    0
    544
    BPJS Ketenagakerjaan
    Copyrigth©production

    BPJS Ketenagakerjaan Lebarkan Sayap dan Gandeng RSTC !

    Indowarta.com – Dalam melayani peserta jaminan sosial yang mengalami kecelakaan kerja, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Rumah Sakit Trauma Center (RSTC). Dengan siadakannya kerjasama tersebut diharapkan para peserta dapatdilayani dengan cepat sesuai dengan pertolongan kecelakaan akibat kerja.

    Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Jogjakarta Widyastuti saat penandatanganan Ikatan Kerja Sama (IKS) dengan Dinkes Kota Jogja terkait kerja sama 14 puskesmas dalam penanganan kecelakaan kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

    “BPJS Ketenagakerjaan Jogjakarta mengajak semua rumah sakit, klinik, dan puskesmas di Jogjakarta bekerja sama dalam penanganan kasus kecelakaan kerja”.

    BPJS Ketenagakerjaan
    Copyright ©Radar Jogja

    Kerja sama tersebut dianggap penting lantaran untuk memudahkan pengobatan apabila nantinya terjadi resiko kecelakaan kerja yang menimpa pekerja. Terutama di RSTC. Nantinya, saat para peserta mengalami resiko kerja dimanapun, mereka dengan cepat akan mendapatkan pelayanan.

    Saat ini sudah ada 103 rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS. Untuk kedepannya, kerja sama tersebut akan semakin diperluas, sehingga diharapkan nantinya manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh peserta.

    Menurut penjelasan yang diberikan oleh Widyastuti, ksus kecelakaan pada tahun 2017 ini per Februari 2017, ada 383 atau meningkat 85 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 206 kasus Jaminan Kecelakaan Kerja. 50 persen kecelakaan akibat berkendara.

    Sementara itu, Ainul Kholid selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan mengatakan bahwa layanan RSTC, klinik, puskesmas, dan rumah sakit di DIY akan terus bertambah dan tidak akan membedakan kepesertaan penerima upah atau formal maupun bukan penerima upah atau informal.

    Jauh sebelumnya RSTC telah memberikan pelayanan gratis kepada karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan akibat kecelakaan kerja dan memerlukan layanan emergency, operasi, dan tindakan lain secara gratis dan tidak dibatasi.

    Karena hal itu, pihak BPJS Ketenagakerjaan cabang Semarang Pemuda Pepen S. Almas memberikan penghargaan utilisasi terbanyak aplikasi RSTC kepada RSUD Tugurejo Semarang.

    Dikatakan dengan adanya program RSTC, maka karyawan tidak perlu lagi memikirkan lagi beban biaya rumah sakit karena BPJS Ketenagakerjaan menanggung sepenuhnya biaya tersebut dengan tanpa batas nilai tertentu dan penjaminan penuh atau unlimited.

    Baca Juga Berita Terkini: BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan Kerja, Begini Rinciannya !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here