Awas, ,Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Anak Berlubang Lho !

0
1277
Gigi Berlubang
Copyright ©Hello Sehat

Awas, ,Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Anak Berlubang Lho !

Indowarta.com – Karies atau gigi berlubang juga sering dialami oleh anak-anak. Dalam keseharian, ada beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan terjadinya gigi berlubang pada anak.

Seperti penjelasan yang telah diberikan oleh drg Felicia Melati SpKGA yang mengatakan bahwa karies pada anak disebut dengan early childhood caries. Ini dapat terjadi lantaran gigi anak terpapar gula secara berlebihan, apalagi makanan kesukaannya yakni coklat, makanan ini bisa jadi tidak berbahaya jika memerhatikan Waktu yang Tepat Untuk Makan Cokelat, Agar Tak Menyebabkan Gigi Berlubang!.

Biasanya gigi berlubang biasa terjadi pada anak yang minum susu di botol atau dot. Khasnya terlihat di bagian gigi depan rahang atas anak yang mengalami perubahan warna atau kondisi, hal ini harus diatasi secepatnya karena sakit gigi yang terjadi pada anak bisa berpengaruh buruk pada perkembangan anak loh.

drg Mela menjelaskan bahwa karies tidak terjadi pada gigi depan rahang bawah. Itu karena saat menggunakan dot lidah secara otomatis akan menutupi gigi pada bagian bawah.

Gigi Berlubang
Copyright ©Okezone

Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak adalah ngedot sampai tertidur. Sebab saat anak ngedot sampai tertidur, susu atau sisa makanan lainnya akan tertinggal di mulut. Sehingga bakteri bisa mengubah sisa makanan atau sisa susu itu menjadi asam hingga menyebabkan karies.

Ketahui Juga : Berikut, Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

Maka dari itu, drg Mela menganjurkan kepada orang tua untuk membersihkan gigi anak setelah minum susu atau makanan dengan dental wipes. Pada bayi, penggunaan kasa dengan air hangat juga dapat dilakukan untuk membersihkan gigi si kecil.

Selain itu, penting juga memberikan makanan kepada anak di waktu yang tepat. Jangan menyuapi anak saat ia dalam keadaan mengantuk hingga akhirnya rewel dan malah tertidur. Apabila karies semakin melebar, maka gigi tersebut akan dicabut. Sedangkan pada karies yang masih kecil, maka akan dilihat terlebih dahulu posisinya, karena jika dibiarkan sakit gigi bisa menyebabkan penyakit lain yang bisa diketahui selengkapnya pada link Gigi Berlubang Ternyata Sangat Beresiko Untuk Kesehatan Lainnya berikut.

Nah, buat mom dirumah yang kesulitan mengajak si buah hati untuk menggosok giginya, ini ada beberapa tips yang bisa mom coba terapkan di rumah.

Simak Yuk : Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang!

Pertama, ciptakan suasana yang menyenangkan untuk sikat gigi, libatkan si buah hati saat membeli sikat gigi berwarna atau berkarakter yang sesuai keinginan mereka, kemudian coba nyanyikan lagu anak-anak tentang menyikat gigi, ada tindakan tambahan selain sikat gigi yang bisa menjaga kesehatan gigi lebih maksimal yang bisa disimak pada tindakan lain untuk menjaga kesehatan gigi maksimal berikut.

Agar si kecil tetap semangat untuk menggosok gigi, coba kenalkan pentingnya menjaga kebersihan mulut dari ‘monster’ atau bakteris sisa makanan yang bisa membuat gigi berlubang atau merusak gigi mereka.

Selanjutnya lakukan menggosok gigi secara bersama dengan si buah hati di kamar mandi. Lakukan hal itu didepan anak, sehingga anak bisa melihat bagaimana cara menggosok gigi yang tepat.

Baca Juga: Pakai Pemutih Gigi Ternyata Malah Membuat Gigi Kuning Lho, Simak Faktor Lainnya Disini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here