Berita Terkini: KPK Akan Jadwalkan Pemeriksaan Patrialis Akbar dan Basuki Hariman Hari Ini !

0
284
Patrialis Akbar
Copyright ©Twitter

Berita Terkini: KPK Akan Jadwalkan Pemeriksaan Patrialis Akbar dan Basuki Hariman Hari Ini !

Indowarta.com – Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan jadwal pemeriksaan terhadap Patrialis Akbar selaku mantan hakim Mahkamah Konstitusi, ia akan diperiksa dengan status sebagai saksi intim untuk tersangka Basuki Hariman.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi intim tersangka BHR (Basuki Hariman),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (1/3)

Selain menyeret nama Patrialis untuk diperiksa, KPK juga telah memeriksa seseorang dari pihak swasta seperti Wiryo Darsono untuk tersangka yang sama. Sedangkan Basuki Hariman sendiri juga telah diperiksa sebagai saksi untuk Patrialis.

patrialis akbar
Copyright ©Twitter

Di dalam kasus ini, Patrialis Akbar diduga telah menerima suap sebesar 20.000 dollar Amerika Serikat serta 200.000 dollar Singapura atau setara dengan Rp 2.15 miliar yang diduga telah diberikan oleh Basuki Hariman. Pemberian suap tersebut diduga sudah terjadi yang ketiga kalinya.

WAJIB BACA :  Begini Penjelasan KPK Soal Pemeriksaan Sandiaga Uno!

Pemeberian tersebut di duga diberikan kepada Patrialis untuk membuat keputusan terkait pengurusan perkara judicial Review (uji materi) Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. hal tersebut dengan keinginan Basuki.

Dalam pemeriksaan awal, pihak KPK menemukan indikasi bahwa Patrialis telah menyetujui untuk membantu agar permohonan uji materi perkara nomor 129/puu/XII/2015 itu dapat dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Ketika Patrialis Akbar terjaring operasi tangkap tangan (OTT), KPK telah menyita bukti sebuah dokumen perusahaan dan juga voucher penukaran uang, beserta dengan draf putusan perkara. Dokumen perusahaan yang di dapatkan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ketika menangkap tersangaka pemberi suap yaitu Basuki Hariman bersama dengan enam karyawannya di kantor yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

WAJIB BACA :  Begini Penjelasan KPK Soal Pemeriksaan Sandiaga Uno!

Disebutkan Basuki Hariman memiliki 20 lebih perusahaan yang bergerak di bidang impor daging. Disisi lain draf putusan perkara nomor 129 ditemuka ketika petugas KPK menangkap seseorang yang bertugas sebagai perantara suap yaitu Kamaludin, di Lapangan Golf Rawangmangun, Jakarta Timur.

Patrialis Akbar sendiri membantah jika dirinya telah menerima uang dari Basuki Hariman, ia mengaku tidak pernah bicara dengan Basuki yang menyangkut masalah uang. Patrialis menambahkan jika dirinya tidak pernah menerima satu rupiah pun dari tersangka suap Basuki Hariman.

BACA JUGA Berita Terkini: KPK Tegaskan Kasus Hambalang Tak Akan Berhenti Di Nama Choel Mallarangeng !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY