Gigi Geraham Anda Berlubang Dan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan !

0
2923
ilustrasi gigi berlubang
Copyright ©Hipwee

Gigi Geraham Anda Berlubang Dan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan !

Indowarta.com – Mengapa gigi geraham sering kali menjadi gigi yang berlubang? Gigi geraham memiliki celah atau lekukan yang dapat menahan makanan. Apabila setelah makan tidak dibersihkan maka tumpukan makanan yang tertahan dilekukan gigi tersebut akan membuat gigi rapuh, menjadi hitam, dan akhirnya gigi berlubang apalagi jika hanya menyikat gigi saja yang tidak bisa mencegah terjadinya sakit gigi, ada beberapa cara lain yang harus dilakukan supaya gigi anda tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang bisa disimak ulasan selengkapnya pada link Rajin Sikat Gigi Saja Ternyata Tak Cukup Untuk Mencegah Sakit Gigi !.

Jika gigi berlubang dan sakit, apa yang harusnya kita lakukan, apakah gigi gerahamnya harus dicabut atau cukup dengan ditambal, atau cukup dengan diobati?

WAJIB BACA :  Berbagai Fakta Tentang Cara Memutihkan Gigi!

Ketika gigi terasa sakit, mungkin sebagian orang lebih memilih untuk minum obat pereda rasa sakit. Di toko – toko juga di apotik telah beredar obat untuk meredakan sakit gigi. Yang perlu kita perhatikan adalah, obat pereda rasa sakit tidak akan berfungsi mengobati sakit gigi, obat tersebut hanya bersifat sementara dan hanya berfungsi untuk melemahkan saraf sensori yang merasakan sakit, Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami berikut bisa anda lakukan sendiri jika tidak mau memeriksakannya kepada dokter.

ilustrasi pemeriksaan gigi geraham
Copyright ©Cirebontrust.com

Pada kasus gigi berlubang, sakit gigi disebabkan oleh peradangan  pada pembuluh darah gigi di ruang saraf gigi. Peradangan tersebut terjadi akibat gigi berlubang sudah sangat dalam hingga menghabiskan bagian enamel, dentin dan masuk bagian pulpa.

WAJIB BACA :  Penyebab dan Cara Pencegahan Karang Gigi!

Jika kemasukan oleh bakteri, nantinya toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut akan menimbulkan infeksi di ruang saraf dan juga pembuluh darah gigi. Infeksi ini akan mengakibatkan bengkak, bahkan jika terhalang oleh gigi yang keras, maka akan membuat saraf menjadi tertekan dan timbul rasa sakit, kebanyakan hal ini disebabkan oleh makanan manis terutama coklat, sebenarnya bukan coklat yang menjadi masalah tetapi waktu makannya yang kurang tepat, untuk itu perhatikan waktu yang tepat untuk makan coklat tidak bikin gigi berlubang berikut.

Ketahui Juga : Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Anak Berlubang Lho !

Namun untuk mengatasi gigi berlubang yang sakit itu tidak mesti harus dicabut. Jika memungkinkan kita masih dapat menambal atau mengganti mahkota giginya saja. Jika akar gigi masih tersisa dan masih sanggup untuk menopang tambalan mahkota gigi, jaringan disekitar gigi masih bagus, dan tidak terjadi retakan hingga akar gigi, dan juga jaringan disekitar agar gigi masih baik, maka dapat dilakukan penambalan dan diteruskan dengan perawatan gigi, ternyata penambalan tidak hanya dilakukan pada gigi berlubang saja, gigi sensitif juga perlu dilakukan penambalan dengan alasan yang bisa diketahui pada link Alasan Gigi Sensitif Pun Juga perlu Ditambal.

WAJIB BACA :  Penyebab dan Cara Pencegahan Karang Gigi!

Perawatan gigi ini dilakukan untuk mempertahankan gigi yang masih tersisa, dengan membuat gigi bebas dari infeksi, maka fungsi dari gigi akan normal kembali. Kasus ini berbeda – beda pada tiap orang yang menderita sakit gigi, jika persyaratan tadi sudah dipenuhi solusi dengan menambal gigi adalah yang paling tepat.

BACA JUGA Awas, ,Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Anak Berlubang Lho !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here