Berita Terkini: Tarif Listrik 900 Va Naik Mulai Tanggal 1 Maret Hari Ini !

0
981
ilustrasi pembayaran listri
Copyright ©Radar Sampit

Berita Terkini: Tarif Listrik 900 Va Naik Mulai Tanggal 1 Maret Hari Ini !

Indowarta.com – Para pelanggan listrik yang memiliki daya 900 Volt Ampere (VA) dan masuk kedalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) akan kembali terkena pencabutan subsidi listrik terhitung dari tanggal 1 Maret 2017. Kondisi ini menyebabkan tarif listrik naik untuk kalangan pelanggan diatas.

Jarman selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menuturkan jika pencabutan subsidi tersebut akan di lakukan pada 1 Maret dan merupakan tahap kedua. Pencabutan tahap pertama telah berlangsung dari Januari lalu.

‎”Dicabut lagi subsidinya sebagian (Maret),” kata dia di Jakarta, Selasa (28/2)

Menurut Direktur tersebut, pencabutan subsidi akan dilakukan setiap dua bulan sekali, besaran akan mencapai 30 persen. Hal ini akan berdampak pada kenaikan tarif listrik untuk golongan 900 VA yang termasuk dalam kategori mampu, dan jumlah pelanggan mencapai sebanyak 18,9 juta rumah tangga.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
Copyright ©jurnaljakarta.com

‎”Tahap kedua, naiknya 30 persen. Januari 30, Maret 30 persen, Juni 30 persen. Jadi setiap 2 bulan,”  Jarman menerangkan

Perlu diketahui, pencabutan subsidi pada tahap yang pertama telah dilakukan di bulan Januari hingga Februari. Dengan pencabutan tersebut tagihan pembayaran listrik akan naik menjadi Rp 98 ribu perbulan dari sebelumnya yang Rp 74.740 per bulan.

Lalu pada tahap kedua ini, pencabutan subsidi listrik akan dilakukan mulai Maret 2017 ini. Pada pencabutan tahap kedua ini tarif listrik akan naik menjadi Rp 130 ribu per bulan yang semula Rp 98 ribu per bulannya.

Untuk pencabutan tahap ketiga akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2017, tagihan tarif listrik akan bertambah yang semual dari Rp 130 ribu menjadi Rp 185.794

Tahap ketiga adalah tahap terakhir pencabutan subsidi yang dilakukan. Setelah pencabiutan subsidi ini selesai pada Juni 2017 ini maka pembayaran listrik untuk pelanggan listrik dengan daya 900 VA yang terkena pencabutan subsidi akan mulai menggunakan skema penyesuaian tarif.

Jarman menjelaskan jika pihak pemerintah telah menerima pengaduan masyarakat karena terkena pencabutan subsidi listrik. Jika nanti diketahui masyarakat yang melakukan pengaduan berhak menerima subsidi maka pemerintah akan memberikannya kembali.

BACA JUGA Berita Terkini: Begini Peran Dahlan Iskan Dalam Kasus Korupsi Mobil Listrik !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here