Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

0
2212
Copyright ©PakarGIGI

Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

Indowarta.com – Selain untuk ibu hamil, memilih obat sakit gigi berlubang untuk ibu menyusui terkadang juga membingungkan. Umumnya dokter menyarankn amoxilin dan parasetamol.

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang cukup sensitive. Apalagi saat sakit kemudian tersenggol tangan atau makanan yang sedang dimakan, makan rasa sakit tersebut seakan-akan ingin pingsan. Itu yang membuat tidak nyaman saat beraktifitas. Apalagi seortang ibu yang mengasuh anak kecil.

Sakit gigi atau gigi berlubang terkadang sering disepelekan, padahal jika dibiarkan dalam jangka panjang maa sakit gigi bisa membahayakan kesehatan organ tubuh lain. Mengapa bisa demikian?

Sebab saat gigi berlubang dan sakit, kemudian tidak segera dibersihkan secara sempurna maka racun atau bakteri akan masukke aliran tubuh dan masuk ke jantung. Selain itu lubang pada gigi juga dapat menyebabkan infeksi pada gusi, pegal-pegal, nyeri mata,  radang otot bahkan gangguan ginjal.

Apalagi saat seorang ibu menyusui anaknya mengalami sakit gigi. Maka akan lebih berhati-hati memilih obat yang aman tidak mengganggu kelancaran ASI dan memberikan efek pada anaknya dari ASI yang diminum.

Memilih obat sakit gigi berlubang untuk ibu menyusui harus teliti dan hati-hati. Lebih baik berkonsultasilah ke dokter. Pasalnya mengkonsumsi obat kimia dapat berpengaruh pada produksi ASI. Bahkan kadang juga menimbulkan efek samping pada bayi melaui ASI.

Jadi obat yang aman untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan bawang putih
bawang putih
Copyright ©Tips Sehat Online

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih rupanya juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Selain itu bawang putih juga sudah pasti ada di setiap dapur Anda.

Caranya adalah, iris bawang agak tebal kemudian tancapkan pada gigi yang berlubang. Senyawa alami dalam bawang putih dapat membunuh bakteri dan mengurangi rasa nyeri. Penggunaan bawang putih tidak akan berpengaruh pada ASI.

  • Menggunakan minyak cengkeh
minyak cengkeh
Copyright ©Rumah Mesin

Meski memiliki rasa agak pedas, namun khasiat minyak cengkeh mengobati gigi berlubang sangat ampuh dan aman untuk busui. Caranya, ambil kapas yang bersih, kemudian teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas tersebut. kemudian temple pada gigi yang berlubang padangigi yang sakit.

Biarkan beberapa menit, setelah itu kumur dengan air yang agak hangat. Minyak cengkeh juga mampu membunuh bakteri penyebab nyeri.cara ini juga aman dgunakan pada ibu hamil.

  • Parasetamol dan Amoxilin

Biasanya dokter akan menyarankan obat ini. namun pastikan resepnya terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik.

  • Panadol Biru dan Pasta Herbal

Panadol biru mengandung parasetamol, begitu juga dengan pasta herbal. Kedua obat ini hasil olahan perusahaan yang dijual bebas dipasaran. Beberapa dokter, praktisi kesehatan dan ibu hamil yang berpengalaman kadang merekomendasikan obat ini selain amoxilin dan parasetamol.

Namun alangkah baiknya sebelum terjadi sakit gigi, Anda melakukan pencegahan sakit gigi dengan rajin melakukan perawatan. Apabila cara yang dibahas diatas belum bisa menyembuhkan sakit gigi Anda, maka alangkah baiknya untuk segera pergi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga Gigi Geraham Anda Berlubang Dan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY