Awas. .Gigi Berlubang Dapat Berujung Ke Kematian Lho !

0
1239
ilustrasi sakit gigi
Copyright ©Dakwatuna

Awas. .Gigi Berlubang Dapat Berujung Ke Kematian Lho !

Indowarta.com – Akan sangat menakutkan jika seseorang harus kehilangan nyawanya hanya gara – gara gigi berlubang. Drg. Ahmed Setia SpBM menuturkan jika seringkali masyarakat tidak menyadari jika mengalami gigi berlubang sampai mereka mengalami infeksi odontogenik atau infeksi yang asalny dari gigi.

Infeksi gigi memiliki jarak waktu yang sangat tipis dengan kematian, berdasarkan pengalaman yang di dapat oleh Ahmed, pasien yang menderita infeksi dan di akibatkan oleh gigi berlubang hanya akan mampu bertahan hidup selama satu minggu. Ia menambahkan resiko infeksi ini memang dapat menyebabkan kematian.

Infeksi tersebut diakibatkan oleh sepsis dan obstruksi. Sepsis sendiri adalah sebuah respon inflamasi yang di akibatkan oleh adanya infeksi pada tubuh manusia. Jika seseorang telah masuk ke dalam kategori sepsi maka dia harus segera di bawa ke ruang ICU.

Sedangkan obstruksi adalah sebuah sumbatan yang biasanya akan terjadi pada saluran pernafasan karena adanya pembengkakan pada dasar mulut yang disebabkan oleh terangkatnya lidah.

Copyright ©gendies

Penanganan infeksi gigi berlubang tersebut dapat dilakukan dengan melakukan bedah insisi drainage. Yang artinya dokter haru segera mengeluarkan nanah atau cairan lain yang berada di dalam infeski dan menyerang pasien, saat operasi berlangsung di kamar bedah pasien akan dibius total.

Hingga kini, menurut drg. Ahmed Setia SpBM kematian yang diakibatkan oleh infeksi gigi berlubang tersebut sudah sering kali menimpa orang dewasa mulai dari usia 18 – 70 tahun. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga pada anak – anak.

Dari pengalamannya, Ahmed juga menambahkan minimal ada satu orang yang mengalami infeksi gigi setiap harinya. Infeksi gigi dapat merambat ke jantung dewasa dan anak – anak , begitu infeksi masuk ke peredaran darah, akan ada inflamasi yang mengakibatkan multiorgan disfunction atau beberapa organ tidak bekerja.

Maka dari itu Ahmed menyarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi selama enam bulan sekali, karena selama itulah karies akan menyebar di gigi dan dapat mengakibatkan lubang. Meskipun pasien gigi berlubang sering meminum obat untuk mengurangi rasa sakit, namun hal tersebut tidak akan mengurangi jalan dari karies yang akan berujung infeksi.

BACA JUGA Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY