Berita Hari Ini : Sambut Bulan Ramadhan, KPI Inginkan Siaran TV Yang Berkualitas dan Bermartabat !

Untuk Menyambut Bulan Ramadhan, KPI Dan MUI Inginkan Siaran TV Yang Berkualitas dan Bermartabat !

0
1453
KPI

Untuk Menyambut Bulan Ramadhan, KPI Dan MUI Inginkan Siaran TV Yang Berkualitas dan Bermartabat !

indowarta.com– Pihak KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Pusat telah meminta kepada semua lembaga penyiaran dan juga rumah produksi. Mereka dihimbau agar serius mempersiapkan program acara yang khusus pada bulan Ramadhan 1437 H.

Menurut KPI, bulan Ramadhan akan jatuh pada awal Juni mendatang. Karena itu ppihaknya berharap agar acara yang akan ditampilkan untuk mengisi acara di bulan tersebut selaras dengan konteks bulan Ramadhan.

Menurut KPI, siaran pada saat bulan Ramadhan selain harus sesuai dengan aturan dalam P3 dan juga SPS KPI, siaran juga harus bermartabat dan juga selaras dengan semangat Ramadhan. Bukan hanya itu, siaran juga dapat menghibur sekaligus memberikan pendidikan untuk pemirsa.

Menurut Wakil Ketua KPI Pusat, Idy Muzayyad yang telah mengatakan tayangan yang di tampilkan harus sejalan dengan harapan publik. Selain menginginkan tayangan yang dapat memberikan manfaat, tayangan juga harus memiliki kesan baik untuk mereka.

tayangan TV

Manfaat yang mereka harapkan adalah berupa ilmu agama yang baik, juga pesan moral yang positif. Hal tersebut nantinya akan dapat menambah keimanan dalam diri mereka. Selain itu, Wakil Ketua KPI ini juga mengingatkan tentang batasan atau larangan.

Untuk lembaga penyiaran dan juga rumah produksi tidak boleh menampilkan hal-hal yang berbau candaan kasar, bayolan yang berlebihan, gerakan yang eksotis dan juga tentang eksploitasi terhadap bagian tubuh.

Bukan hanya itu, tayangan seperti pria yang berperilaku dan berpakaian kewanitaan, muatan yang mengarah ke hubungan yang tidak senonoh, muatan khilafiyah dan juga siaran dengan tema sensitive juga tidak boleh.

Karena hal tersebut akan dapat mengundang polemik. KPI juga melarang adanya sisipan iklan niaga saat adzan. Selain itu, pihak KPI dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memberikan penghargaan kepada program Ramadhan yang dianggap telah memberikan manfaat dan juga bermartabat.

Sementara itu, pihak Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain telah melarang keras adanya siaran yang menayangkan tindakan yang melecehkan agama serta negara.

baca juga : Berita terkini: KPI Anggap Kasus Zaskia Gotik Selesai, Acara Dahsyat Terancam Dibubarkan Trio Cecepy Dipanggil polisi !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here