Masih Rajin Menyikat Gigi, Tapi Kenapa Gigi Berlubang?

0
1031
gigi berlubang
Copyrigth©Deherba

Masih Rajin Menyikat Gigi, Tapi Kenapa Gigi Berlubang?

Indowarta.com – Setiap sesudah sarapan dan sebelum tidur selalu rajin menyikat gigi, namun herannya saat memriksakan gigi, dokter menemukan ada saja gigi berlubang, kenapa ya bisa begitu?

Pertama yang harus diperhatikan, sudah benar atau belum cara menggosok gigi Anda. Karena banyak pasien yang merasa jika dia sudah rajin menggosok giginya dengan benar, padahal kenyataannya cara menggosok giginya masih kurang tepat sehingga masih ada sisa makanan yang tertinggal.

Seperti yang diceritakan oleh dokter Felicia Melati, SpKGA, menurut pengalamannya saat meminta pasien menggosok gigi yang sebelumnya telah diberikan pewarna untuk gigi terlebih dahulu. Dan dari situ baru diketahui hasilnya.

Gigi Berlubang
Copyrigth©kabarterupdate

Setelah si pasien itu menggosok gigi yang seperti ia lakukan, ternyata masih ada yang tertinggal pada bagian tersebut yang belum digosok. Itu artinya seklama ini belum menggosok gigi dengan benar sehingga membuat gigi berlubang.

Selain cara menggosok gigi yang kurang tepat, faktor anatomi gigi juga menjadi salah satu faktor penyebab gigi berlubang. Misalnya saja gigi tidak rapi sehingga saat Anda menggosok gigi ada bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan dengan sikat gigi. Hal itu yang membuat sisa makanan masih banyak yang nyelip.

Selain dua faktor diatas, dokter mela juga menjelaskan bahwa penyebab gigi berlubang itu multifactor. Jadi selain gigi, keberadaan bakteri, juga waktu terbentuk yang lama seperti gula. Jadi keempat hal itu saling berhubungan.

Selain menggosok gigi dengan rutin dan cara yang tepat, alangkah baiknya jika Anda juga rutin pergi ke dokter gigi enam bulan sekali. Sehingga nantinya dokter gigi bisa mengetahui jika ada atau tidaknya lubang di gigi.

Nah jika ada lubang di gigi Anda sebaiknya segera lakukan perawatan untuk mencegah lebih parah lagi. Pasalnya kebanyakan gigi berlubang apat memicu sakit gigi yang sangat tidak nyaman. Memang saat ini sudah banyak obat sakit gigi yang dijual di pasaran, namun apakah Anda yakin jika obat tersebut aman dan tidak memiliki efek samping?

Saat gigi yang berlubang itu terasa sakit, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan Minyak cengkeh, karena dalam minyak cengkeh terdapat anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya tuangkan sedikit minyak ke kapas yang bersih, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Atau menggunakan bawang putih. Caranya ambil satu suing bawang putih dan tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam kemudian oleskan pada gigi yang sakit. Namun jika rasa sakit itu tidak hilang setelah beberapa hari, lebih baik segera kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga Cara Memutihkan Gigi yang Musti Kamu Coba, Dijamin Putih Bersih !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY