Berita Terkini: Begini makna Pemberian Kiswah Raja Salman Untuk Masjid Istiqlal!

0
695
Kiswah Raja Salman
Copyrigth©Tempo

Begini makna Pemberian Kiswah Raja Salman Untuk Masjid Istiqlal!

Indowarta.com – Pada kunjungan hari kedua di Indonesia, Raja Salman nampak mengunjungi Masjid Istiqlal. Di sana raja dan rombongannya menunaikan ibadah Shalat Sunah Tahiyatul Masjid. Raja mengaku kagum dengan masjid yang bersejarah tersebut.

Usai menjalankan shalat sunah, raja rupanya memberikan cendera mata yakni berupa kiswah atau kain penutup Ka’bah. Kiswah Raja Salman tersebut diberikan melalui Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar.

Kiswah Raja Salman tersebut diketahui berukuran tidak lebih dari tiga meter. Kiswah tersebut bertuliskan ayat suci Al Quran dalam bentuk kaligrafi yang dijahit oleh orang kepercayaan dari kerajaan Arab Saudi menggunakan benang emas.

Kiswah Raja Salman
Copyrigth©Tribunnews

Rupanya kaligrafi yang berada di Kiswah Raja Salman tersebut berisi ayat 125 Surat Al baqarah, yang membahas mengenai Ka’bah. Arti dari ayat tersebut adalah:

“Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: ‘Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk, dan yang sujud.”

Menurut keterangan yang diberikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim saifuddin, kiswah tersebut diberikan khusus dari Raja Arab Saudi untuk Masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut sebagai tanda kedekatan Raja dengan masyarakat Indonesia.

Kiswah tersebut merupakan simbol bahwa perhatian dari raja tidak hanya tertuju pada pemerintah namun juga pada masyarakat Indonesia. Selain itu, kiswah tersebut juga dianggap sebagai simbol hati raja tetap melekat di hati umat muslim di Indonesia. itu dihadiahkan secara simbolis kepada Masjid Istiqlal.

Pada kesempatan yang sama, Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan jika pemberian potongan kiswah Raja Salman tersebut merupakan suatu kebanggan dan dianggap sebagai kado ulang tahun Masjid Istiqlal.

Orang kepercayaan raja pun menuturkan kepada Abu yang menginginkan kiswah tersebut dibingkai rapi dan kemudian di pajang di masjid, sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat. Apabila nantinya kiswah tersebut dipajang di Istiqlal, maka itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Abu yang juga sebagai Protokol Istiqlal menginginkan agar kiswah tersebut dipajang di ruang VIP, sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat seperti beduk yang berada di atas. Namun ia menyerahkan keputusan penempatan kiswah tersebut di tangan Ketua Pengelola Istiqlal.

Baca Juga Berita Terkini: Inilah Pantai Geger, Tempat Raja Salman Habiskan Waktu di Bali !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here