Berita Hari Ini : Peluang Nyata Dibalik Diberlakukannya Mea Nanti Di Indonesia, Apa Saja

0
1809
MEA

Berita Hari Ini : Peluang Nyata Dibalik Diberlakukannya Mea Nanti Di Indonesia, Apa Saja ?

indowarta.comMEA akan diberlakukannya akhir tahun 2015 lalu, Negara-Negara ASEAN mulai mengalami aliran bebas jasa, barang, investasi, dan tenaga keja terdidik. Selaku anggota dari ASEAN, hal ini juga berlaku untuk Indonesia.

Saat ini sebagian masyarakat masih merasa takut terhadap MEA ini.  Tak hanya masyarakat yang dibuat takut, para pengusaha juga merasakan hal yang sama dengan masyarakat. Serbuang barang dan jasa dari Negara-negara ASEAN dinilai bisa menjadi boomerang bagi kerberlangsungan bisnis di Indonesia. hal ini karena ekonomi Indonesia dinilai masih belum cukup mampu untuk bersaing di MEA.

MEA sendiri sudah merupakan gagasan lama. MEA disiapkan guna meningkatkan stabilitas perekonimian di ASEAN dan membuat kawasan ekonomi yang kuat.

Paramadina Graduate School (PGS) menggelar open house untuk memberikan gambaran tentang keberadaan MEA. PGS mengundang para pakar dan pelaku bisnis. Acara ini bertemakan “sukses bersaing di era MEA” dan bertempat di Energy Building 22nd floor, SCBD, Sudirmsn, Jakarta.

Narasumber yang diundang adalah antaa lain Ceo Bukalapak.com, Ahmad Zaky dan Mantan Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal. Sebagai pelaku e-commerce, zaku merasa tidak khawatir. Hal ini karena menurutnya Indonesia merupakan pasar terbesar di ASEAN.

Para pemain di dunia digital tak ada pemikiran sedikitpun  untuk main sektoral. Sejak lahir mereka sudah dilahirkan untuk bersaing secara global. Mulai dari FB, instagram, Twitter orang-orang sudah berjualan online. Manurut Zaky, MEA merupakan peluang bagi pelaku bisni di Idonesia.

MEA

Disisi lain, Zaky juga menilai kalau MEA belum terbentuk secara keseluruhan.  Hal ini dikarenan oleh perbedaan bangsa dan buidaya yang berbeda.

Zaky juga mengingatkan bahwa kunci dari usaha adalah inovasi. Kalau inovasi tidak tercipta, maka akan otomatis kita bisa kalah bersaing. Terkait dengan masuknya tenaga kerja asing, menurut Zaky ini merupakan kesempatan untuk berbagi ilmu.

Menurut Dino Patti Djalal keberadaan tenaga kerja asing dapat menjadi persaingan  bagi tenaga kerja lokal. Menyinggung tentang bisnis online, Dino berharap bisnis online Indonesia bisa menggunakan spirit intelegensi seperti Alilbaba dari Tiongkok. Ali Baba mampu mengalahkan competitor asing karena produknya unggul dan memenuhi keinginan orang.

baca juga :

Berita terkini: Harga BBM Turun di Awal Maret, Berikut Daftar Lengkapnya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here