Berita Terkini: Terkuaknya Praktik Curang yang Menyebabkan Harga Cabai Melonjak Tinggi!

0
1347
harga cabai
Copyright©Tempo

Terkuaknya Praktik Curang yang Menyebabkan Harga Cabai Melonjak Tinggi!

Indowarta.com – Beberapa bulan ini harga cabai kian meroket, memang banyak petani yang mengeluhkan hasil panen yang kurang maksimal lantaran belakangan ini curah hujan dapat dikatakan lumayan tinggi sehingga akibat hal itu diperkirakan pasokan cabai juga mengalami penurunan.

Akan tetapi, ternyata perkiraan tersebut salah. Pasalnya meroketnya harga cabai beberapa bulan terakhir ini ternyata tidak disebabkan oleh minimnya pasokan cabai ke pasar induk. Melainkan adanya praktik kecurangan yang sengaja dilakukan oleh pengepul cabai.

Itu bukan hanya dugaan saja, jajaran Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada bulan Februari lalu berhasil menemukan sejumlah fakta soal kecurangan yang menyebabkan harga salah satu bumbu dapur ini kian naik.

harga cabai
Copyrigth©Liputan6

Seperti keterangan yang telah dikatakan oleh Kasubdit Industri dan Perdagangan (Indag) Dirtipideksus Bareskrim Polri, Kombes Hengki Hariyadi baru-baru ini, pihaknya berhasil menciduk dua orang tersangka atas kasus tersebut.

Dua tersangka yang telah diamankan itu berinisial SJN dan SNO yang berperan sebagai pengepul cabai dari petani. Menurut Hengki, seharusnya kedua pengepul ini langsung menjual cabai ke sejumlah pasar Induk. Namun nyatanya mereka justru mengalihkannya langsung ke perusahaan.

Hasil dari proses penyidikan, 50 ton cabai yang seharusnya di jual ke sejumlah pasar induk, 80 persen berkurang dialihkan ke beberapa perusahaan. Akibat perilaku curang tersebut, cabai rawit merah yang seharusnya masuk ke pasar induk Kramat Jati, Jakarta Timur menjadi langka.

Karena kelangkaan inilah harga cabai semakin hari semakin naik di tingkat konsumen. Sementara itu, Direktur Penindakan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Goprera Panggabean mengatakan harga acuan cabai rawit merah yang dijual di tingkat konsumen seharta Rp 29 ribu berdasarkan Permendag nomor 63/2016.

Akan tetapi lantaran adanya pengalihan tersebut harga cabai yang sampai di tingkat konsumen melonjak semakin jauh, bahkan hingga ratusan ribu. Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan beberapa barang bukti diantaranya yakni dokumen penjualan, dokumen pembelian, dan dokumen pembayaran.

Diharapkan untuk kedepannya tidak ada lagi oknum-oknum pengepul yang berbuat demikian yang mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk mengonsumsi cabai rawit merah lantaran harganya yang sangat mahal.

Baca Juga Meski Harga Cabai Tinggi, Kenapa Keuntungan Pedagang Malah Turun !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here