Berita Terkini: Polisi Tangkap Empunya Akun FB yang Edit Foto Jokowi!

0
4798
Jenderal Pol Rikwanto
Copyrigth©Kompas

Polisi Tangkap Empunya Akun FB yang Edit Foto Jokowi!

Indowarta.com – Pemilik akun FB yang telah mengedit foto Presiden Joko Widodo akhirnya berhasil ditangkap. Pelaku berhasil di ciduk oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri di Jalan Raya Padang, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pelaku diketahui bernama Ropi Yatsman, tak hanya mengedit Foto Jokowi, rupanya ia juga telah mengunggah foto editan tersebut. tindakan itu dianggap telah menghina Joko Widodo selaku Presiden RI.

Pemilik akun FB tersebut berhasil diamankan pada Senin 27 Februari 2017 lalu. penangkapan Ropi sendiri juga dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Pol Rikwanto pada Jumat, 3 Maret 2017.

WAJIB BACA :  Usaha Jokowi Menolak Langkah AS Soal Yerussalem Lewat KTT OKI !
FB
Copyrigth©Minangkabaunews

Saat ini pria 36 tahun tersebut harus mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya. Diketahui, sebelum penangkapan dilakukan, rupanya penyidik telah melakukan penggeledahan di tempat kerja Ropi pada 25 Februari 2017 lalu.

Dalam proses penyidikan di kantro Ropi penyidik berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa KTP, dua unit ponsel, CPU, serta akun FB atas nama Yasmen Ropi serta Agus Hermawan.

Diduga Ropi sengaja menggunakan akun Facebook tersebut untuk mengungggah sejumlah foto rekayasa yang bernada ujaran kebencian. Tak hanya foto Jokowi, penyidik juga menumukan konten lain yang bernada penghinaan yang juga diunggah menggunakan akun FB tersebut.

Pelaku diduga juga sebagai admin dari akun grup publik Facebook ‘Keranda Jokowi-Ahok’. Grup yang dikelola oleh pelaku tersebut diketahui sering kali memposting hal-hal negative yang mendiskreditkan pemerintah.

WAJIB BACA :  Reaksi Kahiyang Ayu Terpilih Jadi Model Pengantin Solo!

Atas perbuatan yang telah dilakukannya, pelaku disangkakan telah melanggar Pasal 454 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 dan/atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 Undang-undang Nomor 189 Tahun 2016 tentang perubahan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2008.

Selain itu juga Pasal 16 jo Pasal 4 (b) angka 1 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 207 KUHP dan/atau Pasal 208 KUHP dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Tersangka menagku melakukan perbuatan tersebut lantaran tidak suka dengan pemerintah saat ini. selain itu, Direktorat Siber juga telah mengantongi sejumlah akun media sosial yang telah melakukan tindakan yang serupa dengan Ropi.

WAJIB BACA :  Apa yang Bisa Dilakukan Indonesia dan Presiden Jokowi Untuk Yerusalem?

Selanjutnya polisi akan segera melakukan penindakan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku sebagai upaya penegakan etika dalam dunia maya.

Baca Juga Berita Terkini: Bandingkan Raja Salman dan Raja Gowa Di FB, Pria Ini Langsung Diciduk Polisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here