Berita Terkini: Perbedaan Mendasar Kunjungan Raja Faisal dan Raja Salman Ke Indonesia!

0
3006
Raja Salman
Copyrigth©Dreamers

Perbedaan Mendasar Kunjungan Raja Faisal dan Raja Salman Ke Indonesia!

Indowarta.com – Rabu, 1 Maret 2017 lalu merupakan hari pertama kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud ke Tanah Air. Raja dan rombongannya mendarat di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 12.48 WIB.

Kedatangan Raja tersebut langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo dan beberapa jajarannya. Kunjungan Raja Arab Saudi ini merupakan kunjungan balasan. Pasalnya sebelumnya Jokowi sudah terlebih dahulu berkunjung ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Raja.

Selain itu, kunjungan Raja Salman ini dianggap sebagai kunjungan bersejarah. Sebelumnya Indonesua juga pernaha mendapatkan kunjungan dari Raja Arab Saudi lainnya. Namun kunjungan tersebut terjadi pada 47 tahun silam pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Raja Salman
Copyrigth©Liputan6

Saat itu, Presiden Soeharto menyambut kedatangan Raja Faisal bin Abdulaziz al Saud pada 10 Juni 1970. Saat itu tidak ada acara penyambutan dan kegiatan Raja Faisal yang istimewa. Rupanya ada beberapa perbedaan antara kunjungan 47 tahun lalu dengan kunjungan Raja Arab kali ini.

Berikut ini ada beberapa perbedaan anatara kunjungan yang dilakukan oleh Raja Faisal dengan Raja Salman:

Kunjungan Raja Arab Saudi Faisal bin Abdulaziz Al-Saud dilakukan pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Kunjungan hanya dilakukan selama 3 hari yakni mulai 10-13 Juni 1970. Sedangkan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dilakukan pada era kepemimpinan Presiden Jokowi. Kunjungan tersebut dilakukan selama 9 hari yakni pada 1-9 Maret 2017.

Perbedaan kedua, dalam kunjungan ke Tanah Air keduanya sama-sama membawa serta rombongan. Akan tetapi ada perbedaan dari jumlah rombongan yang dibawa oleh kedua Raja tersebut.

Namun saat itu Raja Faisal hanya membawa 58 orang termasuk staf kerajaan, pengawal, wartawan, dan juru masak. Sedangkan saat kunjungan Raja Salman, beliau turut memabwa 1.500 orang termasuk 10 menteri dan 25 pangeran kerajaan.

Perbedaan ketiga, dari lokasi yang dikunjungi. Saat itu Raja Faisal hanya mengunjungi satu tempat saja yakni Istana Merdeka. Sedangkan pada kunjungan Raja Salman, beliau dan rombongan mengunjungi 4 lokasi, yakni Istana Bogor, masjid Istiqlal, Gedung DPR, dan Bali.

Seperti yang telah diketahui, jika tanggal 4-9 Raja Salman akan bertolak ke Pulau Dewata Bali untuk berlibur disana.

Perbedaan keempat yakni dari hal yang dibicarakan. Raja salman saat itu membicarakan tentang kerja sama ekonomi, krisis Timur Tengah dan menjalin hubungan antara kedua negara. Sedangkan dalam kunjungan saat ini membicarakan kerja sama proyek investasi, hal-hal yang berkaitan dengan haji dan pertukaran ulama.

Baca Juga Berita Terkini: Begini Persiapan Khusus yang dilakukan Kawasan Nusa Dua Untuk Rombongan Raja Salman!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY