Berita Terkini: Silang Pendapat Status Gubernur Ahok!

0
1640
Ahok
Copyrigth©Megapolitan

Status Ahok Menjadi Gubernur Menuai Polemik !

indowarta.com– Status Ahok yang kembali menjadi gubernur DKI Jakarta usai masa cutinya menuai banyak pro dan kontra. Pasalnya Basuki Tjahaja Purnama ini menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama Islam dengan tuntutan 5 tahun penjara. Hingga kini persidangan pun masih berlangsung.

Sebelumnya Ahok mengambil masa cuti selama 3.5 bulan untuk mengikuti kampanye Pilkada DKI 2017. Sehingga posisinya digantikan oleh Plt Gubernur DKI Sumarsono. Pada tanggal 11 Februari 2017, serah terima jabatan berlangsung. Artinya Ahok kembali aktif, dan Sumarsono kembali pada tugas sebelumnya.

Polemik yang muncul di masyarakat membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara. Ia mengatakan status Ahok tetap menjadi Gubernur DKI. Hingga ada ketetapan hukum dari pengadilan secara syah.

Ahok
Copyrigth©Kompas

Saat ditemui di Istana Negara, Tjahjo mengatakan menunggu tuntutan jaksa yang resmi. Jaksa menuntut tidak secara alternatif. Melainkan sudah satu keputusan.

Ternyata keputusan Tjahjo ini mengundang banyak polemik. Diantaranya beberapa fraksi di DPR mengajukan hak angket yang dikenal dengan Ahok Gate. Wakil ketua DPR secara resmi membacakan surat pengusul hak angket tentang penonaktifan Ahok dari jabatannya saat ini.

Sementara itu beberapa ormas juga mengajukan tuntutannya kepada pemerintah agar segera memberikan keputusan untuk memberhentikan Ahok sementara. Tuntutan ini diajukan ke PTUN Jakarta.

Selain ormas Islam beberapa tokoh agama pun menghadap Jokowi selaku Presiden RI. Adalah Ketua PP Muhammadiyah menemui Jokowi terkait hal tersebut. Menanggapi tuntutan dari PP Muhammadiyah, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Mendagri. Jokowi juga mengaku telah meminta Kemendagri untuk meminta fatwa dari Mahkamah Agung.

Sayangnya Mahkamah Agung tidak dapat memberikan fatwa. Pasalnya untuk mengeluarkan fatwa butuh waktu dan proses yang cukup lama. Seperti yang Tjahjo katakan “kaitan masalah gubernur ini, dakwaan jaksa itu alternatif, coba dicek 5 atau 4. Kalau saya outuskan diberhentikan kepada presiden, tahu- tahu tuntutan jaksa jadi 4 tahun, habis saya”

baca juga:

Berita Terkini: Mengintip Pendapatan Ahok Sebagai Gubernur DKI !

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY