Berita Terkini: Bandar Cabai Blak Blakan Soal Permainan Harga Cabai Rawit!

0
1764
harga cabai
Copyrigth©Radar Pekalongan

Bandar Cabai Blak Blakan Soal Permainan Harga Cabai Rawit!

Indowarta.com – Dalam beberapa bulan terakhir ini harga cabai rawit merah terus meroket. Awalnya hal itu diduga lantaran kondisi cuaca. Seperti yang telah diketahui, di beberapa daerah curah hujan lumayan tinggi. Sehingga kemungkinan banyak tanaman cabai yang tidak berbuah secara maksimal.

Namun dugaan tersebut salah, baru-baru ini Bareskrim Polri yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian berhasil mengungkap pemicu kenaikan harga cabai yang dinilai sangat tidak wajar tersebut. rupanya dibalik harga cabai yang kian meroket tersebut ada permainan nakal ditingkat pengepul.

Akibat dari permainan tersebut kini harga cabai rawit merah masih diatas Rp 120 ribu/kilogram. Bahkan sebelumnya harganya dapat mencapai Rp 160 ribu/kilogram, lebih mahal dari daging sapi yang dibanderol dengan harga Rp 120 ribu/kilogram.

harga cabai
Copyright©Tempo

Permainan harga cabai rawit tersebut diungkapkan oleh salah satu Bandar cabai di Pasar Induk Kramat Jati. Menurutnya para pengepul lebih mengutamakan pembeli yang berani menawarkan harga cabai yang paling tinggi.

Sedangkan penawar yang paling tinggi biasanya adalah perusahaan, yang mampu menawar harga lebih tinggi dibandingkan dengan pedagang di Pasar Induk. Sehingga para pengepul tersebut memilih untuk mengalihkan cabai bai rawit lebih banyak ke prusahaan dibandingkan ke Pasar Induk.

Yanto mengatakan, di Pasar Induk Kramat jati, standar pasokan cabai rata-rata per hari mencapai 40 ton, namun saat ini pasokan cabai turun drastis yanki menjadi 12 ton per hari.

Diduga pengepul tersebut lebih memilih menjual cabai rawitnya ke perusahaan karena pihak perusahaan berani membayar lebih tinggi hingga Rp 30 ribu per kilogram dari tawaran yang diberikan oleh para Bandar di pasar induk.

Sehingga cabai yang seharusnya dipasok ke pasar induk, justru dijual ke beberapa perusahaan untuk di produksi. Yanto juga mengatakan, para Bandar cabai di Pasar Induk Kramat Jati juga sempat dimintai keterangan oleh Bareskrim mabes Polri soal harga cabai rawit.

Dalam kasus permainan harga cabai ini, polisi menetapkan dua orang tersangka selaku pengepul cabai yang berinisial SJN dan SNO. Keduanya disangkakan sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 5 Tahun 1999 tentang larangan monopoli persaingan usaha tidak sehat serta Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan.

Baca Juga Berita Hari Ini: DPR Minta Pemerintah Atasi Kenaikan Harga Cabai !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here