Berita Hot: Fenomena Langka Munculnya Hiu Paus di Teluk Jakarta!

0
810
hiu paus
Copyrigth©detik

Fenomena Langka Munculnya Hiu Paus di Teluk Jakarta!

Indowarta.com – Baru-baru ini fenomena langka terjadi di perairan teluk Jakarta. Pasalnya pada Minggu, 5 Maret 2017 kemarin nampak seekor hiu paus atau yang terkadang disebut dengan hiu tutul di perairan teluk Jakarta.

Kejadian yang dianggap sebagai fenomena langka tersebut berhasil diabadikan oleh salah seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Kargo 08 yang saat itu tengah berlayar menuju Pulau Cipir. Hal tersebut diceritakan oleh Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Seribu Yusen Hardiman.

Yusen mengatakan jika posisi kejadian langka tersebut berada di antara Pulau H dengan Muara Kamal yang dekat dengan keramba kerang. Kemunculan hiu paus tersebut berhasil direkam oleh anak buahnya pada Minggu, 5 Maret 2017 sekitar pukul 09.00 WIB.

hiu paus
Copyrigth©WWF Indonesia

Menurut keterangan yang diberikan oleh Yusen, saat itu kebetulan pihaknya tengah berlayar menuju pulau Cipir. Kemunculan hiu paus tersebut menurutnya merupakan peristiwa yang sangat langka. Karena selama ABK bertugas belum pernah melihatnya.

Saat itu ABK yang berada di kapal diperintahkan untuk tidak menyakiti hewan tersebut. pasalnya hewan yang memiliki nama latin Rhincodon typus tersebut adalah hiu pemakan plankton dan tergolong dalam spesies ikan terbesar.

Karena terbilang kemunculan hiu tersebut langka, maka Yusen menuturkan bahwa hewan tersebut perlu untuk dilindungi dan dilestarikan. Hiu jenis ini biasanya mengembara di samudera tropis dan lautan beriklim hangat.

Selain itu hewan ini kabarnya mampu hidup hingga berusia 70 tahun. Bahkan spesies ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Jika kemunculan hiu paus di Teluk Jakarta terbilang kejadian yang langka, namun kawanan hius tutul ini justru sering muncul di objek wisata Pantai Duta, Probolinggo. Kawanan ikan hiu yang memiliki ukuran 5-8 meter tersebut nampak asyik bermain sejak awal tahun 2017 ini.

Kemunculannya tersebut rupanya mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena baru-baru ini ada kawanan hiu tutul muncul di perairan Pantai Duta Paiton. Bahkan jumlah penguinjung semakin ramai karena merasa penasaran.

Mereka ingin melihat kawanan hiu tutul yang sedang asyik bermain tersebut dengan jarak sekitar 0,26 mil laut atau 500 meter dari bibir pantai. Mereka melihat kawanan ikan paus pemakan plankton tersebut mengunakan jasa perahu.

Baca Juga Berita Hot: Penemuan Sosok Hiu Buaya Untuk Pertama Kali dalam Sejarah yang Bikin Heboh!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY