Pelajaran Berharga Dibalik ‘Tumbangnya’ Tokopedia, Bukalapak, dan JD.ID!

0
7256
Tokopedia
Copyrigth©Dailysocial

Pelajaran Berharga Dibalik ‘Tumbangnya’ Tokopedia, Bukalapak, dan JD.ID!

Indowarta.com – Rupanya ada pelajaran berharga dibalik kasus yang menimpa tiga e-Commerce lokal diataranya Tokopedia, Bukalapak, dan JD.Id. Apalagi di tengah gencarnya program ekonomi digital melalui roadmap e-Commerce.

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika memperkirakan jika tingkat kerugian saat ketiga situs belanja online tersebut tidak dapat diakses bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah, meskipun hanya down dalam beberapa jam saja.

Seperti yang telah diketahui jika beberapa waktu lalu, Tokopedia, Bukalapak dan JD.id tidak dapat diakses dalam beberapa jam. Kabarnya dalam satu hari baik Tokopedia mauoun Bukalapak mampu membuka transaksi masing-masing sekitar Rp 300 miliar.

Tokopedia
Copyrigth©Twitter

Bahkan Presiden Direktur Telkomselstra, Erik Meijer juga turut berkomentar dalam peristiwa down time yang berdampak pada tiga e-Commerce lokal tersebut. ia mengatakan solisi Disaster Recovery asa Service saat ini menjadi penting saat layanan data center yang digunakan olehe-Commerce tersebut tengah bermasalah.

Menurut Erik, layanan DRaaS tersebut menjadi sangat penting karena saat ini cloud, data center, network dan lainnya menjadi critical system bagi hampir semua lini bisnis di era digital seperti saat ini. apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bisnis online, E-commerce dan lainnya.

Erik mengungkapkan jika kekuatan dari Telkomtelstra didukung oleh jaringan serta infrastuktur milik Telkom serta solusi dan pengalaman yang telah mumpuni dari Telstra. Solusi Cloud dari Telkomtelstra tersebut untuk data pelanggan di host di Indoneisa, sehingga selaras dengan regulasi pemerintah.

Beberapa waktu lalu, Tokopedia memberikan konfirmasi secara resmi masalah laman yang tidak dapat diakses tersebut melalui akun Twitter mereka. disebutkan jika saat itu sedang terjadi kendala pada sistem dan server milik mereka.

Pihak Tokopedia mengaku tengah melakukan penanganan serta meminta pengguna untuk melakukan pengecekan secara berkala. Hal senada juga disampaikan oleh Bukalapak yang ternyata juga mengalami masalah yang sama.

Namun masalah tersebut berangsur-angsur pulih kembali, nampaknya pihak dari ketiga situs tersebut telah berhasil menangani gangguan yang sempat terjadi yang kemungkinan juga menimbulkan kerugian yang besar. Kabarnya tumbangnya tiga e-Commerce lokal tersebut lantaran permasalahan data center.

Baca Juga Berita Terkini: Baru Dirilis, Nokia 6 Sudah Bisa Dibeli Melalui Tokopedia dan Bukalapak !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here