Berita Hot: Beredarnya Isu Pemberian Cendera Mata Berlian Dari Raja Salman Untuk Iriana, Hoax?

0
915
Raja Salman
Copyrigth© Nasional Kompas

Berita Hot: Beredarnya Isu Pemberian Cendera Mata Berlian Dari Raja Salman Untuk Iriana, Hoax?

Indowarta.com – Kunjungan kenegaraan Raja Salman pada 1 – 3 Maret yang berada di Jakarta kemarin sempat juga memunculkan isu tentang Ibu Negara Iriana yang menerima sebuah cindera mata dari Raja Arab Saudi tersebut.

Isu ini mulai mencuat ketika sebuah video yang bertajuk ‘Ini Kalung2 Berlian Pemberian Raja Salman ke Ibu Iriana Jokowi yang Diserahkan ke KPK, Benarkah?’ di posting di Youtube. Video yang berdurasi 1 menit 9 detik tersebut menampakkan kotak perhiasan berisikan kalung – kalung berlian yang cukup banyak. Serta bebera kotak yang dibungkus dengan kain putih, serta beberapa kotak putih besar.

Walaupun video tersebut di beri judul demikian namun masih ada tanda tanya dalam judul tersebut, yang artinya masih dipertanyakan kebenarannya.  Artikel dari sebuah situs yang berkaitan dengan video tersebut pun kemudian ramai di share di beberapa media social.

video
Copyrigth© Youtube

Namun salah satu media berita telah melakukan penelusuran terkait dengan kebenaran dari kabar tersebut, Pramono Agung selaku Sekretaris Kabinet mengatakan jika tidak ada pemberian cindera mata kepada Ibu Negara Iriana maupun kepada Presiden RI Joko Widodo dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

“Tidak ada cendera mata. Memang nggak ada sama sekali agenda itu. Sama sekali nggak ada agenda untuk pemberian cendera mata dan sebagainya,” ucap Sekretaris Kabinet tersebut pada Senin (6/2) di Istana Negara, Jl Veteran Jakarta Pusat.

Pramono sendiri sudah mendengar tentang isu pemberian cindera mata yang beredar tersebut. Bahkan menurutnya, ada isu yang hampir sama saat sebelum Raja Salman mendarat di Indonesia pada 1 Maret 2017 lalu.

Pramono mengatakan dengan jelas jika sejak awal kedatangan Raja Salman tidak ada agenda serah terima cindera mata, karena Presiden Jokowi tidak pernah mentradisikan hal tersebut. Jadi isu yang beredar tentang pemberian kalung berlian kepada Ibu Negara Iriana tersebut tidak benar atau hanyalah hoax semata.

Yang diketahui kebenarannya hanyalah Raja Salman memberikan sebuah cindera mata melalui Duta Besar Arab Saudi yang berada di Indonesia yaitu Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi yang berupa pedang emas.

BACA JUGA Cerita Pastor Ngobrol dengan Raja Salman dalam Bahasa Arab yang Bikin Heboh Netizen !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY