Berita Terkini: Berikut 3 Saksi yang Akan Hadir Dalam Sidang Ahok Hari Ini, dari Kakak Angkat Sampai Politikus!

0
997
Sidang Ahok
Copyrigth©Tribunnews

Berikut 3 Saksi yang Akan Hadir Dalam Sidang Ahok Hari Ini, dari Kakak Angkat Sampai Politikus!

Indowarta.com – Sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa GubernurDKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini, Selasa 7 Februari 2017 kembali digelar. Ini merupakan sidang ke-13 yang beragendakan pemeriksaan para saksi.

Sidang Ahok akan diketuai oleh Dwiarso Budi Santiarto. Kini giliran pihak Ahok yang mendapatkan giliran untuk menghadirkan saksi dan ahli yang meringankan. Berbagai macam latar belakang saksi pun turut dihadirkan dalam sidang itu.

Menurut keterangan yang diberikan oleh penasihat hukum Ahok Humprey Djemat, pada persidangan kali ini pihaknya akan mengahadirkan 3 orang saksi. Salah satu dari ketiga saksi yang akan dihadirkan dalam sidang tersebut adalah kakak angkat Ahok.

Sidang Ahok
Copyright©Kumparan

Saksi pertama dalam sidang Ahok ke-13 hari ini yakni Analta Amier, ia adalah kakak angkat Ahok yang Muslim. Dari awal persidangan, Analta Amier memeng kerap terlihat mendampingi adik angkatnya tersebut.

Saksi kedua yakni seorang Wakil Rektor Universitas Darma Persada Jakarta Eko Cahyono. Sedangkan untuk saksi ketiga adalah politikus dari Partai Golkar yakni Bambang Waluyo Djojohadikoesoemo.

Kabarnya Bambang yang menjadi saksi ketiga tersebut juga turut hadir di Pulau Pramuka pada 27 September 2016 lalu tepatnya saat Ahok berpidato dihadapan para warga dan kemudian menyebut soal Surat Al Maidah ayat 51.

Sedangkan Eko diketahui pernah mendampingi Ahok dalam pilkada Bangka Belitung tahun 2007 lalu sebagai calon wakil gubernur. Sidang Ahok kali ini merupakan sidang pertama tim dari mantan Bupati Belitung Timur yang mendapatkan kesempatan untuk mengahadirkan saksi yang meringankan dirinya.

Seperti yang telah diketahui, pada sidang-sidang sebelumnya, saksi dan ahli yang dihadirkan dalam persidangan berasal dari Jaksa Penuntut Umum sejumlah saksi pelapor juga telah dihadirkan, diantaranya yakni Novel Chaidir Hasan, Muchsin, Pedri Kasman, Gusjoy, dan lainnya.

Sedangkan sejumlah saksi ahli yang turut hadir dalam sidang Ahok yakni Pimpinan FPI Rizieq Shihab dan Ketua MUI Ma’ruf Amin. Pada sidang sebelumnya tim kuasa hukum Ahok memilih enggan untuk memberikan pertanyaan kepada Rizieq yang ditunjuk sebagai saksi ahli agama Islam pada sidang yang digelar di Auditorium Kementan, Jakarta.

Ahok didakwa telah melakukan penodaan agama terkait dengan pernyataan tentang surat Al Maidah ayat 51 dalam pidatonya di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Ia juga didakwa dengan dakwaan alternatif pasal 156 a dan atau pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Baca Juga Berita Terkini: Akan Jadi Saksi di Sidang Ahok, Rizieq Shihab Akan Dicecar dengan Pertanyaan Pribadi ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here