Berita Terkini: Ahli Ikan Komentari Fenomena Kemunculan Ikan Hiu Paus di Teluk Jakarta !

0
912
hiu paus
Copyrigth©detik

Ahli Ikan Komentari Fenomena Kemunculan Ikan Hiu Paus di Teluk Jakarta !

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan kemunculan seekor ikan hiu paus atau ikan hiu tutul di perairan teluk Jakarta. Ikan hiu tersebut muncul pada hari Minggu, 5 Maret 2017. Kemunculannya tersebut dianggap sebagai fenomena langka, sebenarnya apa yang menyebabkan ikan tersebut berada diperairan dangkal?

Menurut keterangan yang diberikan oleh Peneliti Badan Riset SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dharmadi, yang fokus meneliti soal ikan hiu dan pari, kemunculan ikan hiu paus di perairan teluk Jakarta tersebut bukanlah hal baru.

Dharmadi menduga jika hal tersebut disebabkan lantaran saai ini di perairan teluk Jakarta tengah dibanjiri makanan untuk hiu tersebut. Sehingga teluk Jakarta menjadi salah satu tujuan migrasi dari ikan tersebut.

Ikan hiu yang memiliki nama lain Rhincodon typus habitat aslinya sebenarnya di perairan dalam, akan tetapi hiu paus juga sering muncul ke perairan dangkal untuk mencari makanan. Makan utamanya yakni ikan-ikan kecil, teri dan plankton.

hiu paus
Copyrigth©WWF Indonesia

Kejadian serupa sebenarnya juga pernah terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Hal itu dianggap sebagai hal yang wajar. Akan tetapi resiko besar dapat terjadi pada ikan tersebut. pasalnya jika ikan hiu paus tersebut tidak segera kembali ke perairan dalam, maka hiu tersebut dapatterjebak dan terdampar.

Seperti yang telah diketahui, munculnya hiu paus di teluk Jakarta tersebut pertama kali diketahui oleh anak buah kapal Kargo yang tengah berlayar. Penemuan hiu tersebut menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman dilakukan secara tidak sengaja.

Yusen kemudian mengimbau kepada anak buah kapal untuk tidak menangkap atau menyakitinya, ia  mengatakan hal tersebut agar hiu paus dapat hidup untuk pelestarian lingkungan.

Hiu paus ini merupakan spesies terbesar, ia memiliki mulut yang sangat besar yakni memiliki lebar sekitar 1,5 meter yang berisi 10 lembaran penyaring dan memiliki 300-350 gigi kecil dan memiliki lima pasang insang berukuran besar.

Hiu ini memiliki ciri pola warna di punggungnya yang tutul-tutul abu-abu putih dengan perut putih. Kemudian dua mata yang kecil terdapat pada ujung kepalanya yang datar dan lebar tu.

Hiu paus biasanya mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat dan di klaim dapat bertahan hidup hingga usia 70 tahun. Spesies ini juga dipercaya berasal sekitar 60 juta tahun lalu.

Baca Juga Berita Hot: Fenomena Langka Munculnya Hiu Paus di Teluk Jakarta!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY