Berita Terkini: Seberapa Besar Pengaruh Parpol dalam Pilkada DKI Nanti?

0
297
Pilkada DKI
Copyrigth©ganecapos

Berita Terkini: Seberapa Besar Pengaruh Parpol dalam Pilkada DKI Nanti?

Indowarta.com– Beberapa partai politik kini telah mulai merapatkan barisan untuk menentukan arah  dukungan dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. walaupun masih belum keluar pernyataan resmi dari partai masing-masing, suara di akar rumput sudah menunjukkan arah dukungannya.

Misalnya adalah PAN, meskipun belum secara resmi telah mengumumkan dukungan, mereka mengakui arus di akar rumput dukungannya mengarah pada pasangan Anies Baswedan Sandiaga Uno. Tidak  hanya PAN saja, tiga partai politik yang lain yang dilobi oleh kedua kubu yakni partai Demokrat, PP dan juga PKB. Empat partai politik itu pada putaran pertama telah memberikan dukungan terhadap Agus Harimurti Yudhoyono dengan Sylviana Murni yang kini sudah tumbang.

Yang menjadi pertanyaan adalah, sebesar apa pengaruh dukungan partai politik di dalam menentukan kemenangan di Pilkada DKI Jakarta?

Pilkada DKI
Copyrigth©bisnis

Siti Zuhro yang merupkana pengaman politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI ini telah menyatakan bahwa ada perbedaan yang mencolok antara pemilu legislatif dengan Pilkada. Pada Pileg, peran partai diakui memang cukup besar. Dengan banyaknya calon anggota legislatif yang bersaing, akan cukup membingungkan bagi para pemilih.

Oleh karena itu mereka telah menyederhanakan pilihan mereka berdasarkan partai politik. Siti meyebutkan bahwa hal ini telah berbanding terbalik dengan konfigurasi politik di Pilkada.

Pada hari Selaa 7 Maret 2017 Siti megatakan “Saya berkali-kali berargumen. Peran calon atau sosok jauh lebih menentukan ketimbang partai. Karena di DKI juga waktu putaran pertama, pasangan calon yang didukung banyak partai ternyata juga kalah”.

Siti menambahkan bahwa sejarah penyelenggaraan Pilkada DKI menunjukkan partainya hanya menjadi sebuah penyempurna saja, bukan merupakan penentu kemenangan. Pada Pilgub DKI Jakarta, 2014 silam misalnya, pasangan calon Jokowi Ahok ini telah berhasil mengalahkan pertahana. Padahal pada saat itu mereka hanya mendapatkan dukungan dari dua partai yakni PDIP dengan Gerindra.

Siti memberikan saran agar partai politik tidak hanya membangun koalisi di tataran elite dengan partai yang lain, namun juga membangun koalisi paralel hingga ke level akar rumput.

baca juga :

Berita Terkini: Tawa Renyah Ahok Ketika Disebut Dapatkan Backup dari Jokowi dalam Pilkada DKI !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY