Berita Terkini: Jalur Bandung Cirebon Amblas, Kemacetan Mengular Sampai 5 KM!

0
930
Jalur Bandung Cirebon
Copyrigth©Liputan6

Jalur Bandung Cirebon Amblas, Kemacetan Mengular Sampai 5 KM!

Indowarta.comJalur Bandung Cirebon yang merupakan jalan di Kampung Cireki RT 02 RT 02, Dusun Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Sumedang, Jawa Barat ambles. Jalan tersebut ambles sepanjang sekitar 10 meter dan sedalam 50cm.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas badan nasional Penangguolangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, kejadian jalur Bandung Cirebon yang ambles tersebut terjadi pada Senin, 6 Maret 2017 pukul 19.30 WIB.

Buntut dari kejadian jalan yang ambles tersebut, terjadi kemacetan yang parah. Kemacetan tersebut terjadi dari dua arah dan mengular sepanjang 5 kilometer. Peristiwa tersebut diduga lantaran intensitas curah hujan yang tinggi.

jalur Bandung Cirebon
Copyrigth©Tribunnews

Selain akibat curah hujan yang tinggi, amblesnya jalur Bandung Cirebon tersebut lantaran konstruksi tanah yang labil. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya terjadinya pergerakan tanah dan mengakibatkan amblesnya jalan tersebut.

Untuk sementara, kejadian tersebut telah ditangani oleh pihak Polsek Tomo. Sutopo juga menambahkan hingga pukul 07.00 pagi tadi, di lokasi kejadian jalan amblas terus mengakami pergerakan. Bahkan yang semula kedalamannya hanya 50 cm saat ini mencapai 1 meter.

Sehingga, jalan tersebut tidak dapat di lalui oleh kendaraan roda empat hingga mengakibatkan kemacetan total. Antrean kendaraan yang cukup panjang, kendaraan besar seperti truk dan bus yang datang dari arah Cirebon pun akhirnya balik arah dan diaahkan masuk tol Cipali.

Hanya kendaraan kecil dan motor yang dapat masuk. Itu pun dengan sistem buka tutup. Agar dapat dilalui, jalan yang ambles tersebut disiasati dengan menguruknya menggunakan sirtu. Arus lalu lintas juga dialihkan. Dari arah Cirebon dengan tujuan Bandung kendaraan dialihkan ke Tol Cipali.

Akan tetapi bagi yang ke Sumedang diarahkan untuk melalui jalan Ujungjaya-Congeang Sumedang. Selain itu bisa juga menuju kea rah Kecamatan Jatigede dari pertigaan Tolengas menuju ke Situraja. Akan tetapi kondisi jalan masuk ke jalan proyek Jatigede yang masih tanah.

Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari Bandung menuju Cirebon, diarahkan untuk melalui jalur selatan atau masuk ke tol Cipali. Polisi juga telah memasang yanda pengalihan arus di perbatasan Jatinagor-Cileunyi. Sedangkan kendaraan dari arah Bandung menuju Cirebon diarahkan menuju ke Ciamis dan masuk ke Majelengak-Cirebon.

Baca Juga Berita Terkini: Kasatlantas Polrestabes Medan Berikan Arahan Khusus Untuk Driver GoJek!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here