Demi Penuhi Ambisi Bawa Manusia Ke Mars, NASA Kini Bangun Atmosfer Buatan!

0
1060
NASA
Copyrigth©imcnews

Demi Penuhi Ambisi Bawa Manusia Ke Mars, NASA Kini Bangun Atmosfer Buatan!

Indowarta.com– Kembali menginisiasi gagasan kolonisasi manusia ke planet Mars, kali ini sekelompok ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut berencana untuk menciptakan dinding magnet untuk bisa membangun kembali lapisan atmosfer Planet Marh yang layak huni.

Seperti yang telah diketahui bahwa Mars merupakan planet yang permukaannya ini tandus dan juga memiliki atmosfer yang tipis. Namun para peneliti merasa percaya bahwa planet ini masih bisa direkayasa lagi dengan cara membangung dinding magnet di lapisan atmosfer. Para ilmuwan itu menyebutkannya dengan nama “magnetosphere”.

Dinging magnet ini akan berfungsi sebagai pellindung planet dari radiasi partikel solar dan juga kosmik. Tidak hanya itu saja, dinding magnet ini juga akan berfungsi sebagai penghasil cairan yang turun ke permukaan tanah planet.

Berdasarkan dari analisis peneliti, sebenarnya Marts sudah memililki magnetosphere sendiri, namun semakin menipis dan juga menghilang semenjak tiga miliar tahun yang lalu. dikutip dari Mirror pada hari Selasa 7 Maret 2017, seorang peneliti telah mengatakan bahwa atmosfer tebal yang ada di planet secara perlahan ini memudar karena diterpa oleh  badai matahari. Hal ini berakibat kandungan air yang ada di dalam atmosfer ini telah menguap dan sisanya telah membeku.

NASA
Copyrigth©fisika

Selain itu dinding tersebut juga akan menciptakan dua kutub yang nantinay akan menciptakan sirkuir elektrik yang akan bisa menghasilkan area magnet buatan. Nanti setelah bertahun-tahun lamanya, baru Mars bisa membangun kembali lapisan atmosfernya secara perlahan.

Hingga sat ini rencana tersebut masih tertuang di dalam proposal Planetary Science Vision 2050 Workshop. Bisa jadi juga bahwa rencana ini juga akan diimplementasikan pada tahun 2050 mendatang.

Sebelumnya NASA sendiri juga telah menemukan 7 planet asing (exoplanet) yang berada di luar Tata Surya. Diyakini bahwa tujuh planet tersebut memilliki ukuran yang sama dengan Bumi. Bahkan tiga diantaranya juga memiliki karakter yang sama dengan Bumi seperti munculnya persiran besari di permukaan planet itu.

baca juga :

Exoplanet Discovery : NASA Akhirnya Temukan 7 Planet Mirip Bumi Di Luar Tata Surya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here