Berita Terkini: Banjir Riau Diprediksi Akan Berlangsung Hingga April!

0
591
Banjir Riau
Copyrigth©faktariau

Banjir Riau Diprediksi Akan Berlangsung Hingga April!

Indowarta.comBanjir Riau diprediksi masih akan berlangsung hingga satu pekan kedepan. Banjir tersebut merendam sebanyak 5 kabupaten di Riau. Bahkan banjir diperkiarakan justru akan meluap ke kabupaten lainnya lantaran curah hujan yang masih tinggi.

Akibat curah hujan yang tinggi tersebut disebut-sebut akan mengisi sungai yang ada di Riau hingga meluap. Adanya curah hujan tersebut berdasarkan dengan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru. Intensitas dari hujan tersebut bakal merata hingga sepekan kedepan.

Curah hujan dikatakan masih tinggi bahkan cenderung meningkat. Menurutketerangan yang diberikan oleh Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin, pada 6 Maret 2017 malam, ta hanya sepekan kedepan saja. bahkan curah hujan diperkirakan terus tinggi hingga bulan April mendatang.

Banjir Riau
Copyrigth©Riauaksi

Karena padapergantian bulan terebut, Riau akan memasuki puncak musim hujan. Tingginya curah hujan tersebut dikhawatirkan akan memicu banjir Riau yang lebih parah lagi.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Slamet Riyadi, curah hujan tercatat mencapai 43 milimeter di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar. Menurutnya hal itu lantaran tiupan angina kencang yang cukup kencang karena adanya tekanan rendah di Samudra Hindia, selatan Bengkulu.

Maka dari itu, BMKG mengimbau kepada kepala pemerintah dan pemangku kepentingan di Riau agar mewaspadai terjadinya bencana banjir Riau yang kini telah terjadi di lima Kabupaten.

Sebelumnya, lima kabupaten di Provinsi Riau dilaporkan terendam banjir yang terjadi karena meluapnya sejumlah sungai dan dilepasnya pintu air di PLTA Koto Panjang. Ada sebanyak 2.469 rumah terendam banjir Riau tersebut.

PLTA sendiri telah siaga I dan terus memantau perkembangan dari debit air di lokasi tersebut. PLTA sendiri harus menjaga air agar tanggul tidak jebol, dengan risiko banjir di daerah hilir apabila nanti air dilepaskan.

Lima kabupaten yang terendam banjir riau itu adalah Kampar, Pelalawan, Rojkan Hulu, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu. Banjir di lokasi tersebut juga berdampak pada 1.496 jiwa. Namun belum ada yang mengungsi, mereka memilih untuk bertaham di rumah mereka dengan alasan menjaga rumahnya.

Baca Juga Berita Terkini: Bandung Selatan Kembali Banjir, 1000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi !’

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY