Berita Terkini: Ada Diskriminasi Gaji, Pekerja Freeport Mogok Kerja!

0
707
pekerja pt smelting gresik
Copyrigth©Twitter

Berita Terkini: Ada Diskriminasi Gaji, Pekerja Freeport Mogok Kerja!

Indowarta.com – Sebanyak 309 pekerja yang bekerja di PT Smelting Gresik, yaitu sebuah perusahaan pengolahan hasil tambang PT Freeport Indonesia, menjadi korban PHK sepihak setelah melakukan mogok kerja. Mogok kerja tersebut dilakukan karena adanya diskriminasi persentase kenaikan gaji pekerjaan, hal itu membuat para pekerja merasa adanya ketidak adilan.

Ibnu Shobir selaku Wakil Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam (SPL) FSPMI PT Smelting Indonesia menuturkan jika terjadi kesenjangan persentase kenaikan gaji antara pekerja Freeport tersebut.

Seperti yang terjadi pada golongan 1 – 4, yaitu golongan 1 sekuriti dan driver, golongan 2 adalah operator, golongan 3 adalah dari team leader, sedangkan golongan 4 adalah engineer yang hanya mendapatkan kenaikan 5%.

Sedangkan pada level 5 – 6 yaitu golongan 5 bagian managerial serta golongan 6 bagian departemen manager mendapat kenaikan gaji sebesar 170%. Karena itulah 309 pekerja merasa tidak terima dan melakukan mogok kerja.

pekerja pt smelting gresik
Copyrigth©Twitter

“Kenaikan 5% untuk level staf itu antara Rp 600.000-Rp 700.000, tapi level 5 dan 6 naik 170% nilainya Rp 10 juta-Rp 30 juta. Kalau awalnya Rp 4 juta mereka sudah belasan juta,” jelas Ibnu ketika berada di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (7/3).

Sementara itu pada tahun – tahun sebelumnya, kenaikan gaji yang terjadi sudah berdasarkan inflasi dan juga dengan mempertimbangkan kinerja dari individu. Ia juga mengatakan sudah telah meminta penjelasan dari pihak manajemen namun tidak kunjung mendapatkan penjelasan sehingga para pekerja tersebut merasa tidak adil atau merasa di diskriminasi.

“Kalau 2015 itu sama semua level. Jadi 2016 itu sudah fantastis banget, sudah di luar formula,” ujar Ibnu.

Karena itulah, para pekerja meminta keadilan dan juga kenaikan gaji yang setara dan dikembalikan sesuai dengan formula yang sebelumnya. Para pekerja Freeport juga menuntut perusahaan menghentikan perlakuan diskriminasi kepada pekerja yang melakukan mogok kerja, seperti PHK sepihak dan penghentian akses asuransi kesehatan.

Paling tidak, para pekerja hanya meminta melakukan pertemuan serta mediasi dengan Direksi PT. Smelting Gresik

BACA JUGA Berita Terkini: Ternyata Segini Lho Jumlah Gaji pekerja Di Freeport

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY