Berita Terkini: Sisa Susu Formula Sebabkan Gigi Anak Kecil Berlubang?

0
561
gigi berlubang
Copyrigth©merdeka

Sisa Susu Formula Sebabkan Gigi Anak Kecil Berlubang?

Indowarta.com – Kesehatan gigi dan mulut di Indonesia menjadi penyakit pada masyarakat yang diderita 38,5 persen penduduk di Indonesia. bahkan 90 persen anak sekolah di dunia dan sebagain besar orang dewasa pernah mengalami gigi berlubang.

Penyebab utama karies gigi pada anak kecil yakni anak-anak senang sekali mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Seperti yang telah disampaikan oleh Drg. Felicia Melati Sp.KGA, awal mula gigi berlubang itu karena orang tua yang tidak terlalu memperhatikan sang buah hati saat masih bayi.

Diantaranya yakni saat anak tertidur seusai menyusu dengan susu formula. Jadi penyebab gigi berlubang pada anak yang masih kecil itu karena sudah menyusu dengan susu formula. Nah padahal susu formula itu banyak mengandung gula yang pastinya akan menumpuk di gigi anak jika tidak dibersihkan.

gigi berlubang
Copyrigth©Meetdoctor

Maka dari itu, orang tua dituntut untuk lebih aktif dalammenjaga kesehatan gigi anak. Salah satucaranya yakni dengan menggosok gigi anak dan tidak membiarkannya untuk langsung tidur usai mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

Sehingga sebelum anak itu tidur dan habis mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak gula sebaiknya langsung bersihkan gigi mereka dengan sikat  gigi khusu anak yang memiliki bulu sikat yang lembut.

Hal itu akan membantu mencegah agar gigi anak untuk tidak berlubang karena dapat menghilangkan beberapa sisa-sisa makanan pada anak yang masih menempel pada gigi.

Oleh karena itu, gigi dan mulut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang harus dipertahankan kebersihannya. Karena melalui organ ini berbagai kuman dapat masuk dan menyerang kesehatan. Selain itu, mulut merupaakan cermin dari kesehatan gigi.

Pasalnya gigi berlubang dapat menyebabkan senut-senut, hal itu akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk pertolongan pertama berikan obat pereda nyeri. Namun jika rasa sakit tidak kunjung hilang, lebih baik bawa anak ke dokter gigi untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

Untuk orang tua yang gigi susu anak mulai tumbuh, perlu disikat setidaknya dua kali sehari. Hal itu perlu dilakukan oleh orang tua sampai anak usia 6-7 tahun sebelum benar-benar bisa menggosok gigi mereka sendiri dengan baik. selain itu jangan biasakan mereka mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi.

Selain itu, hentikan kebiasaan minum susu dari botol setelah menginjak usia 1 tahun. Setelah sikat gigi malam pastikan anak tidak makan atau minum selain air putih.

Baca Juga Cara Memutihkan Gigi yang Musti Kamu Coba, Dijamin Putih Bersih !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY