Makna yang Bisa Dipetik dari Peringatan Hari Perempuan Internasional 2017 Kali Ini!

    0
    1085
    Hari Perempuan Internasional
    Copyrigth©Kompasiana

    Makna yang Bisa Dipetik dari Peringatan Hari Perempuan Internasional 2017 Kali Ini!

    Indowarta.com – Saat ini seluruh perempuan di dunia tengah memperingati Hari Perempuan Internasional 2017 atau yang lebih dikenal dengan International Women’s Day, yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret.

    Tak hanya itu, bahkan situs pencarian Google pun turut memperingati Hari Perempuan Internasional 2017 ini melalui doodle yang spesial. Google juga membuat animasi khusus untuk memperingati hari ini. selain itu tampak gambar maupun ucapan dengan tema Hari Perempuan Internasional yang tersebarluas di situs jejaring sosial.

    Pengguna Facebook maupun Twitter berbagi ucapan Hari Perempuan Internasional. Selain itu Meme yang bertemakan Hari Perempuan Internasional juga menjadi bumbu pelengkap di foto profil BBM hingga Instagram pada hari ini.

    Hari Perempuan Internasional
    Copyrigth©Google

    Peringatan ini rupanya untuk mengingat peristiwa kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang telah menewaskan sebanyak 140 perempuan. Kemudian PBB mulai mendukung gerakan peringatan Hari Perempuan Nasional pada tahun 1975.

    Tak hanya itu, untuk memperingati Hari Perempuan Internasional 2017 kali ini, ratusan aktivis perempuan, mahasiswa serta pegiat demokrasi di Yogyakarta akan menggelar aksi yang mengusung sejumlah isu. Diantaranya yakni tentang isu isu perampasan tanah yang berdampak terhadapperempuan.

    Sedangkan Jaringan Perempuan Yogyakarta, dan organisasi yang menghimpun berbagai jaringan organisasi perempuan akan menggelar aksi bersama di Titik Nol Kilometer. Mereka nantinya akan mengusung tema perempuan menggugat.

    Kabarnya akan ada sebanyak 50 orang yang akan menari dan mengajak sekerumunan orang untuk bergambung. Mereka rupanya terinspirasi dari Tari Jampi Gugat karya Kinanti Sekar, yang memiliki makna perempuan menggugat untuk suatu perubahan kondisi yang lebih baik.

    Menurut keterangan yang diberikan oleh Koordinator aksi dari Jaringan Perempuan Yogyakarta, Anastasioa Sukiratnasari, pihaknya akan melibatkan sejumlah mahasiswa yang datang dari berbagai daerah dan kampus untuk menari.

    Selain itu, para perempuan tersebut juga akan menuliskan pengalaman mereka tentang kekerasan se*ksual di atas kertas kemudian dibuat instalasi. Ada pula aktivis Jaringan Gusdurian dan jaringan lintas agama.

    Komite Perjuangan perempuan yang mengorganisasi sejumlah gerakan perempuan maupun gerakan pro-demokrasi juga akan melakukan aksi jalan kaki dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menuju Titik Nol Kilometer. Mereka mengusung sejumlah isu.

    Baca Juga Berita Terkini: Google Rayakan Hari Perempuan Internasional 2017 Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here