Berita Terkini: 3 Mall yang Disebutkan Oleh Prabowo Tidak Berdiri di Tanah Negara!

0
1685
Prabowo
Copyrigth©agungpodomoro

Berita Terkini: 3 Mall yang Disebutkan Oleh Prabowo Tidak Berdiri di Tanah Negara!

Indowarta.com– Setidaknya kini telah terdapat tiga mall di Jakarta yang telah ditengarai berdiri di atas tanah negara. Tiga mall itu telah tersebar di Jakarta Pusat dan juga Jakarta Selatan. Mantan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya yakni Prabowo Soenirman ini telah  menyebutkan bahwa Plasa Atrium dan juga Cikini Gold Center di Jakarta pusat serta Blok M Square di Jakarta Selatan ini sebagai mall yang beridiri di atas tanah negara.

Prabowo yang kini telah menjabat sebagai anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini mengatakan bahwa lahan pusat perbelanjaan Atrium, Blok M Square dan juga Cikini Gold Center ini semuanya merupakan mililk dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Terkait dengan hal itu, analis hukum pertanahan dan properti yakni Eddy Leks ini telah menyatakan bahwa tiga mal yang dimaksud itu tidak berdiri di atas tanah negara. Namun di atas tanah daerah karena merupakan milik dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Eddy mengatakan “Jadi, kalau berdasarkan pernyataan tersebut itu statusnya tidak masuk dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang tanah negara. Itu disebut barang milik daerah, bukan barang milik negara”.

Prabowo
Copyrigth©gambar-rumah

Berdasarkan dari PMK Nomor 78 tahun 2014 yang disebut tanah negara dibedakan menjadi dua yakni tanah yang dikuasai negara dan tanah yang menjadi barang milik negara (BMN). Tanah yag dikuasai oleh negara ini akan bisa dimohonkan hak oleh siapapun sesusai dengan peraturan perundangan yang ada. Namun tanah BMN ini merupakan tanah yang dibeli atau diperoleh dari APBN ataupun perolah yang sah lainnya.

Eddy mengatakan “Kalau yang disebutkan itu merupakan aset daerah dan tunduk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri dan aturan tentang perusahaan daerah karena itu kerja sama antara perusahaan daerah DKI Jakarta dengan swasta”.

Terkait dengan Blok M Square, awak media terus berusahan untuk menfkonfirmasi dari Agung Podomoro. Demikian juga dengan PT Cowell Development Tbk sebagai pemilik Plaza Atrium Senen, dan Aldiron Hero Group sebagai pemilik Cikini Gold Center.

baca juga :

Berita Terkini: Menelisik Kronologis Tawuran di Manggarai yang Sebabkan 2 Orang Tewas!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY