Berita Terkini: 6 Sosok orang Jujur dan Berintegritas Untuk Jadi Hakim Agung!

    0
    347
    Komisi Yudisial
    Copyrigth©Kabar24

    6 Sosok orang Jujur dan Berintegritas Untuk Jadi Hakim Agung!

    Indowarta.com – Komisi Yudisial kini kembali menggelar seleksi untuk jabatan 6 calon hakim agung. Keenam orang yang dicari oleh Komisi Yudisial yakni harus memiliki kapasitas serta integritas sebagai seorang hakim.seleksi tersebut bertujuan untuk mengisi enam jabatan hakim di Mahkamah Agung.

    Komisi Yudisial membuka kesempatan kepada MA, pemerintah, dan masyarakat untuk mengajukan usulan nama calon yang sesuai dengan kriteria dan memenuhi persyaratan. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi pada Selasa 7 Maret 2017 kemarin.

    Persyaratan tersebut dapat dilihat melalui laman resmi Komisi Yudisial, komisiyudisial.go.id. proses pengajuan usulan sendiri akan dibuka selama 15 hari yakni mulai tanggal 8hingga 29 Maret 2017 mendatang.

    calon hakim agung
    Copyrigth©Aktual

    Seleksi tersebut berdasarkan surat Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Nomor 02/WKMA-NY/2/2017 tertanggal 8 Februari 2017 tentang Tambahan Hakim Agung Tahun 2017.

    Dalam hal ini Mahkamah Agung membutuhkan enam orang hakim agung untuk mengisi kamar pidana, kamar perdata, kamar agama, kamar militer, dan kamar Tata Usaha Negara (TUN). Masing-masing hanya membutuhkan satu orang. khusus untuk kamar TUN harus orang yang memiliki kemampuan perpajakan.

    Usulan tersebut ditujukan kepada Komisi Yudisial. Kemudian ditujukan kepada Sekretariat panitia Seleksi Calon Hakim Agung RI. Farid mengatakan jika itu dapat disampaikan melalui pos. Nantinya pos dikirimkan ke kantor KY, Jalan Kramat Raya Nomor 57, Jakarta Pusat, dengan kode pos 10450.

    Farid juga menuturkan, dalam mencari 6 CHA, KY akan menekankan pada aspek kapasitas dan integrtas dari calon. Hal itu dirasa penting lantaran mengingat hakim agung merupakan salah satu jabatan yang mulia serta berperan penting dalam mewujudkan peradilan yang bersih dan agung.

    Dalam seleksi CHA , akan melewati sejumlah tahapan seleksi diantaranya yakni seleksi administrasi, seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan seleksi kepribadian dan wawancara terbuka.

    Dan yang terakhir yakni, setelah serangkaian tahapan tersebut telah dilakukan, maka Komisi Yudisial akan mengusulkan pengangkatan hakim agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan. Diharapkan nantinya setelah mendapatkan persetujuan pengangkatan tersebut, mereka dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

    Baca Juga Berita Terkini: Hakim Napitupulu Minta Jangan Dipecat Usai Dilaporkan Terima Suap Senilai 1 Miliar Rupiah

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY