Berita Terkini: 1 Warga Cirebon Positif Idap Flu Burung!

0
401
flu burung
Copyrigth©ilustrasi

Berita Terkini: 1 Warga Cirebon Positif Idap Flu Burung!

Indowarta.com – Setelah sempat mewabah di Kabupaten Bandung, wabah flu burung akhir – akhir ini juga menyerang ratusan di Cirebon.

Dari data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menyebutkan jika sudah sebanyak 17 ekor ayam dan 107 anak bebek mati. Beberapa petugas medis yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon bersama dengan Kementerian Kesehatan RI memeriksa kondisi di lapangan.

Supriyanto selaku Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan DKPP Jawa Barat Supriyanto mengatakan jika petugas medis telah memeriksa dan mengambil sampel dari beberapa ungags untuk memastikan ada tidaknya wabah penyakit flu burung.

petugas medis cirebon
Copyrigth©suaragratiafm

Pemeriksaan tersebut juga turut menindaklanjuti tentang adanya laporan warga yang meninggal yang diduga karena terserang virus flu burung. Supriyanto menambahkan jika pihaknya akan benar – benar memastikan apakan wabah tersebut telah menyerang unggas di Cirebon.

Dari sebuah informasi, unggas yang berada di desa tersebut mati secara mendadak secara bergiliran dalam kurun waktu setengah bulan terakhir. Para petugas pun mengambil sample dari air liur dari tenggorokan serta dari dubur unggas – unggas tersebut.

Supriyanto mengatakan untuk memastikan benar tidaknya wabah flu burung telah menjangkit unggas di Cirebon, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam setelah sampel dibawa ke laboratorium Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Sedangkan, pihak berwenang Desa Pangenan Kabupaten Cirebon Sohari menuturkan jika warga yang meninggal tersebut sering berinteraksi langsung dengan peternakan warga yang diduga terserang wabah flu burung. Bahkan diketahui kondisi fisik dari korban menurun.

Korban yang merasakan hal tersebut pun berinisiatif untuk memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit yang berada di Kota Cirebon. Beberapa jam setelah pemeriksaan, korban langsung meninggal dunia, dari riwayat penyakit yang diketahui oleh Sohari, korban memiliki riwayat penyakit diabetes.

Dengan terjadinya peristiwa tersebut, Sohari pun segera bertindak dengan melaporkannya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kota Cirebon yang kemudian menerjunkan petugas medis dari peternakan untuk memeriksa beberapa unggas yang berada di Desa Pangenanan Kabupaten Cirebon tersebut.

Sohari pun tidak lupa pula mengimbau pada warga sekitar untuk selalu menjaga kesehatan.

BACA JUGA Berita Terkini: Ratusan Unggas Mati, Positif Kena Flu Burung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here