Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak Lho!

0
783
gigi berlubang
Copyrigth©pinterest

Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak Lho!

Indowarta.com – Masalah gigi berlubang yang kerap terjadi pada anak rupanya tidak bisa dianggap remeh. Sebagai orang tua sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan gigi sang anak sejak usia dini. Karena masalah kesehatan oral yang sudah terjadi sejak kecil akan mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebut bahwa masalah utama kesehatan gigi pada anak di Indonesia masih didominasi karies atau yang lebih dikenal dengan gigi berlubang. Mulai tahun 2007 hingga 2013 terus mengalami peningkatan.

Seperti yang telah disampaikan oleh dokter gigi Felicia Melati, dalam sebuah Seminar Kesehatan Gigi Anak di Jakarta, jumlah masalah karies pada anak lebih dari 50% pada negara berkembang dan sekitar 30% di negara maju.

Gigi Berlubang
Copyright ©Okezone

Bahkan lebih dari 70% anak yang duduk di bangku kelas 3 SD pernah mengalami sakit gigi dan tiap tahun setengah juta anak tidak masuk karena sakit gigi. Karies memang menjadi masalah gigi yang kompleks, karena berbagai faktor pada semua kalangan usia.

Gangguan tersebut lantaran rusaknya jaringan permukaan email atau bagian terluar dari gigi dan dentin akibat demineralisasi gigi. Bakteri yang terlalu banyak akan membuat keasaman dalam gigi menurun, bersamaan dengan menurunnya mineral gigi.

Gigi berlubang jelas berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Pasalnya saat gigi terasa sakit , maka anak akan semakin sulit makan, sulit berpikir, dan tidak bersemangan untuk melakukan aktivitas termasuk belajar disekolah.

gigi berlubang
Copyrigth©merdeka

Untuk mengatasi gigi berlubang pada anak. Ajari mereka untuk menyikat gigi sejak dini. Beberapa tips yang dapat bunda terapkan di rumah agar anak rajin menggosok gigi yakni juga melibatkan anak dalam memilih sikat gigi dan pasta gigi sendiri yang mereka senangi.

Namun terkadang anak masih malas, maka dari itu ciptakan suasana yang menyenangkan. Lakukan sikat gigi secara bersama-sama. Damping mereka, karena sebagian besar orang tua khawatir jika sang anak menelan pasta gigi yang mengandung bahan kimia.

Pasta gigi sendiri sebanarnya hanya tambahan, yang terpenting yakni cara menyikat gigi yang tepat dan benar. Karena pada umumnya pasta gigi anak mengandung perasa yang membuat anak lebih tertarik. Untuk anak usia 5 tahun.an cukup berikan pasta gigi seukuran biji kacang polong.

Untuk anak yang belum bisa berkumur, pemberian pasta gigi cukup tipis saja agar tidak terjadi masalah. namun, pada dasarnya kebanyakan pasta gigi anak-anak memang tidak memberikan efek yang berbahaya jika tertelan.

Baca Juga Awas. .Gigi Berlubang Dapat Berujung Ke Kematian Lho !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY