Berita Terkini: FB AKhirnya Mulai Tandai Berita Yang Diragukan Kebenarannya!

0
707
Facebook
Copyright©businessdayonline.com

Berita Terkini: FB AKhirnya Mulai Tandai Berita Yang Diragukan Kebenarannya!

Indowarta.com – Media sosial Facebook memang masih belum dapat membunuh berita palsu di News Feed layanannya. Namun mereka tidak hanya tinggal diam dan telah mengambil  sebuah tindakan yaitu dengan memberi peringatan pada setiap berita kebenarannya masih diragukan.

Bentuk dari peringatan tersebut adalah berupa sebuah penanda yang bertuliskan “disputed” atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai “dapat diperdebatkan”. Berita yang nantinya akan mendapat tanda peringatan tersebut berarti kebenaran dan informasi di dalamnya masih dapat dilakukan penelusuran tentang kebenarannya.

Kata “disputed” tersebut adalah sebuah cara dari media sosial FB guna menunjukkan kehati-hatiannya dalam menghadapi suatu permasalahan. Seperti yang dilansir dari sebuah media pada Rabu (8/3/2017), tanda peringatan itu akan berisikan sebuah tautan, yang menuju mesin pencari fakta yang nantinya akan berguna menjelaskan kenapa pesoalan tersebut masih harus ‘diperdebatkan’.

Ini adalah salah satu contoh tanda “disputed” dalam sebuah cerita rekaan The Seattle Tribune yang diberi judul “Ponsel Android Trump Diyakini Sebagai Sumber Kebocoran Informasi di Gedung Putih”.

fb
Copyright©facebook

Selain mulai memasang tanda “disputed” pada artikel yang diperkirakan masih diragukan kebenarannya, pihak FB ternyata juga mengungkapkan cara untuk pemasangan tanda tersebut. Singkatnya cara tersebut terdiri dari tiga bagian.

Sebelum memberi tanda peringatan, pertama, media sosial tersebut nantinya akan terlebih dulu memindai laporan yang berkaitan dengan mencari berita yang serupa atau terkait dengan sistem buatannya guna mencari apakah ada yang tidak benar dalam kandungan berita.

Kedua, Facebook akan mengirimkan berita yang dianggap tidak benar  itu ke organisasi pencari fakta yang telah didapuk menjadi rekan kerja mereka. Contohnya adalah organisasi bernama Snopes atau Politifact.

Ketiga, jika kedua metode pencarian fakta di atas sudah berhasil menemukan kepalsuan di dalam informasi yang menjadi berita tersebut, maka FB  akan langsung memasang label “disputed”.  Jika tidak ditemukan ada yang tidak benar maka berita akan tampil seperti biasa.

Pada praktek yang dilakukan pada berita The Seattle Tribue yang menjadi contoh tersebut sempat beredar tanpa label. Pihak media sosial FB baru memebrikan label “disputed” setelah kedua organisasi pencari fakta yang bekerja sama dengannya itu mengeluarkan pernyataan tentang kepalsuan berita tersebut.

BACA JUGA Peringati Hari Perempuan Internasional 2017, Ahok Pamerkan Sosok Veronica Tan di FB!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY