Kupas Tuntas Fenomena Skip Challenge yang Lagi Tren Hingga Bahayakan Pelakunya!

0
5750
menkes nila
Copyright©Poskota News

Kupas Tuntas Fenomena Skip Challenge yang Lagi Tren Hingga Bahayakan Pelakunya!

Indowarta.com – Kini telah banyak beredar tantangan atau permainan yang aneh di dunia maya, tantangan tersebut kebanyakan tidak memiliki dan memberikan manfaat positif untuk mereka yang melakukannya, bahkan ada juga yang dapat membahayakan kesehatan.

Jika sebelumnya muncul tantangan ice bucket challenge, mannequin challenge dan masih banyak lagi tantangan lain yang tidak diketahui siapa yang menciptakannya. Kini ada lagi tantangan baru yang memberikan dampak yang serius bagi para pelaku.

Tantangan tersebut disebut dengan ‘Skip Challenge’ atau jika di Amerika disebut dengan Pass Out Challenge yang kini tengah menjadi trend dan banyak ditiru oleh banyak remaja dan juga sejumlah pelajar yang berada di Tanah Air.

Hal ini dapat dilihat di beberapa video yang menampakkan para pelajar tersebut tengah melakukan tantangan ini dan menjadi viral di media sosial.

Permainan skip challenge ini dilakukan dengan cara menekan dada sekeras – kerasnya hingga beberapa menit dan membuat pelakunya kejang – kejang dan pingsan. Namun beberapa waktu kemudian korban akan kembali pulih dan sadar.

skip challenge
Copyright©Youtube

Beberapa postingan di media sosial mengatakan jika permainan skip challenge itu memiliki dampak yang fatal terhadap kesehatan, seperti yang disebutkan oleh SENKOM Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari postingan itu ditulis bahwa tanpa mereka sadari, sebenarnya ketika mereka pingsan hal itu dikarenakan asupan oksigen ke otak tengah terhenti beberapa saar. Dan hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sel – sel otak. Yang tentunya dapat berakibat fatal, seperti kerusakan otak atau bahkan kelumpuhan.

Bahkan Menkes Nila Moeloek, mengatakan jika menurutnya skip challenge ini berbahaya.

“Aduh aduh. Jangan dong. Kalau ada penekanan seperti itu nanti ada pendarahan, apa saya kira, saya baru dengar itu gamenya. Nanti saya cari. Nggak bisa itu. Itu bisa menyakiti diri sendiri,” ucapnya ketika berada di Kantor Kepresidenan setelah melaksanakan rapat terbatas pada Kamis (9/3).

Ia pun memberi pesan agar tidak melakukan skip challenge tersebut “Ya pastilah, bisa saja kamu tekan dada kamu sama aja kayak orang ketabrak. Keteken dadanya, patah tulangnya, ketusuk nanti paru-parunya. Segala macam,” tambahnya.

Selain itu efek lain dari skip challenge ini adalah para pelajar dapat merasakan kecanduan, hingga mereka ingin melakukannya lagi dan lagi tanpa sadar ada dampak yang fatal. Dihimbau kepada seluruh orang tua untuk tetap berhati – hati serta memberikan pengertian agar anak – anak tidak menjadi korban dari tantangan yang berakibat fatal ini.

BACA JUGA Berita Terkini: Awas. .Main Skip Challenge Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak Lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY