Berita Terkini: Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye Dimakzulkan!

0
692
park geun hye
Copyright©batampos

Berita Terkini: Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye Dimakzulkan!

Indowarta.com – Pihak Mahkamah Konstitusi Korea Selatan memutuskan untuk memperkuat Presiden Park Geun – Hye untuk dimakzulkan atau berhenti untuk memegang jabatannya saat ini sebagai presiden Korsel.

Putusan tersebut akan membuat Presiden Park resmi lengser dari jabatannya seusai ia terjerat skandal korupsi yang menyeret nama perusahaan besar di Korsel.

Seperti dilansir dari sejumlah media pada Jum’at (10/3), pembacaan putusan akhir tersebut digelar di Kantor Mahkamah Konstitusional Korsel di Ibu Kota Seoul pada Jumat (10/3) pagi ini waktu setempat. Lee Jung – Mi selaku ketua hakim konstitusi Korea Selatan mulai membacakan putusan sejak pukul 11.00 waktu setempat.

Hakim Lee mengatakan dalam putusannya jika tindakan dari Presiden Park Geun – Hye tersebut sangat serius, dan dapat menyebabkan rusaknya demokrasi serta penegakan hukum. Presiden Park akhirnya dilepas dari jabatannya sebagai pemimpin negara.

Dengan keputusan tersebut, Park Geun – Hye mencetak sejarah sebagai salah seorang pemimpin yang dimakzulkan setelah terpilih secara demokratis di Korea Selatan. Dengan dicopotnya jabatan tersebut, maka selanjutnya akan diadakan pemilihan presiden yang baru untuk Korea Selatan.

sidang park geun hye
Copyright©Radar Madura

Menteri Konstitusi Korsel mengatakan jika pemilihan umum untuk presiden harusnya sudah di gelar setelah pemakzulan ini dengan kurun waktu 60 hari kedepan.

Keputusan dari Mahkamah Konstitusional tersebut memperkuat hasil vote parlemen Korea Selatan yang dilaksanakan pada 9 November 2016 yang lalu.

Pihak parlemen Korsel sebagian banyak menyetujui untuk melakukan pemakzulan kepada Presiden Park yang tertimpa skandal kasus korupsi dan juga kolusi yang memiliki central pada teman dekatnya yaitu Choi Soon – Sil.

Lebih dari ribuan demonstran, baik dari pihak pro maupun kontra memprotes Presiden Park Geun – Hye pun berkumpul di luar gedung Mahkamah sejak pagi hari. Mereka pun dikawal oleh tim keamanan yakni personil kepolisian yang mengawal jalanan disekitar gedung dan mengantisipasi adanya kerusuhan.

Dalam kasus korupsi ini, pemimpin wanita tersebut dituding melakukan konspirasi bersama temannya Choi Soon – Sil dengan menekan perusahaan – perusahaan besar agar memberikan donasi untuk dua yayasan amal yang dimiliki oleh Soon – Sil. Padahal donasi tersebut digunakan oleh Soon – Sil untuk kepentingan pribadi.

BACA JUGA Berita Terkini : Gempa Dahsyat Guncang Korea Selatan, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah dan Apartment !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here