Berita Terkini: Anies Baswedan dilaporkan ke KPK Soal Penyimpangan Pemeran Buku Frankfurt!

0
879
Anies Baswedan
Copyrigt©kompasiana

Berita Terkini: Anies Baswedan dilaporkan ke KPK Soal Penyimpangan Pemeran Buku Frankfurt!

Indowarta.com – Anies Baswedan dilaporkan ke pihak Komisi Pemberantasan Korupsi  atas dugaan penyimpangan penggunaan dana di pameran Frankfurt Book Fair 2015 lalu. Anies diduga telah menyalahgunakan kewenangannya  ketika dirinya menjabat sebagai Mendikbud.

Laporan tersebut dibuat oleh Andar Mangatas Situmorang pada Kamis (9/3) kemarin. Ia menduga jika Anies dengan sengaja telah menyalahgunakan kewenangan dari jabatannya sebagai Mendikbud pada pameran yang berlangsung 3 hari di negara Jerman.

“Iya saya melaporkan kemarin. Mantan Mendikbud Anies Baswedan melakukan korupsi sistematis selama 3 hari acara pameran buku di Jerman mulai 14-18 Oktober 2015 dengan biaya Rp 146 miliar,”hal tersebut diungkapkan oleh Andar sendiri.

Selain terkait dugaan korupsi, dalam laporan yang diajukan kepada KPK. Andar juga menuduh Anies telah menyusupkan pameran buku tentang pemberantasan PKI. Hal tersebut dilakukan ketika Kementerian Budaya dan Pendidikan tengah melakukan promosi buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Anies Baswedan bahakn dengan suka – suka merekrut seorang budayawan yaitu Gunawan Muhammad sebagai Ketua Komite Pelaksana acara pameran tersebut.

Anies Baswedan
Copyrigth©Pilkada DKI 2017

Kemendikbud juga diminta untuk memperkenalkan budaya Indonesia di tingkat Internasional yaitu dengan menggelar pameran kebudayaan dan juga buku Laskar Pelangi namun ditengah – tengah itu Anies menyusupkan buku Amba dan Pulang yang diketahui tidak populer dan berisikan tentang pembasmian PKI 1965.

Menurut Andar penyusupan buku tentang PKI tersebut adalah bentuk manipulasi, apalagi paham PKI telah diberantas di Indonesia.

“Dengan disusupi pameran buku Amba dan Pulang sangat merugikan seluruh rakyat dan bangsa indonesia bahkan menimbulkan kekhawatiran paham komunis ingin kembali dibangkitkan di kancah internasional mengingat di Indonesia paham PKI sudah ditentang dan diberantas,” ungkap Andar.

Terkait laporan tersebyt, Febri Diansyah selaku Kabiro Humas KPK mengatakan pihaknya akan menelusuri bukti dugaan korupsi yang telah dilakukan oleh Anies Baswedan.

Mardani Ali Sera yang menjadi Ketua Tim Pemenangan Anies – Sandi pada Pilkada DKI 2017 turut menanggapi laporan tersebut. Dikatakan bahwa tim advokasi akan segera menangani tentang kasus dugaan korupsi yang menyeret nama calon Gubernur DKI 2017 tersebut.

BACA JUGA Berita Terkini: Keyakinan Fadli Zon Atas Kemenangan Anies Baswedan Usai Ungguli Ahok di Berbagai Survey!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here