Begini Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tak Semakin Parah!

0
5035
gigi berlubang
Copyrigth©pinterest

Begini Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tak Semakin Parah!

Indowarta.com – Gigi merupakan salah satu organ yang sangat penting mengingat perannya sebagai penghancur makanan. Sehingga kesehatan gigi perlu di jaga lantaran organ ini seringkali terserang oleh bakteri sebagaimana mulut merupakan pintu masuk dari bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, gigi juga dapat berpengaruh pada kesempurnaan penampilan lho. Jadi jaga kebersihan dan kesehatannya ya. Tapi jika sudah terjadi masalah pada gigi, misalnya saya gigi berlubang lebih baik lakukan perawatan yang lebih intensif lagi.

Apalagi gigi yang berlubang itu terasa nyeri sekali. Jika kalian pernah mendengar lagu yang liriknya lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi itu salah. Soalnya kalau gigi nyeri trus-terusan pasti bakal bikin sakit hati juga kan.. jadi itu hoax gays, hehe.

Gigi Berlubang
Copyrigth©kabarterupdate

Berikut ini beberapa cara merawat gigi berlubang agar gigi terhinar dari rasa sakit dan nyeri.

  1. Hindari sejumlah makanan

Diketahui jika beberapa jenis makanan ternyata dapat memicu kambuhnya rasa nyeri saat kalian memiliki satu atau beberapa gigi yang berlubang. Makanan trlalu panas atau dingin, manis atau makanan yang berbumbu terlalu pekat seperti bersantan dan sebagainya.

Jika merasa ngilu atau nyeri yang bersifat kambuh di sekitar mulut atau rahang, coba periksa keadaan gigi dengan melihat di kaca . jika ada gigi berlubang hindari beberapa makanan tersebut.

  1. Menggosok gigi

Gigi berlubang bisa saja sering melupakan jadwal menggosok gigi. Lebih baik gosok gigi minimal 2 kali sehari. Gosok gigi kalian secara rutin. Mulai sekarang biasakan menggosok gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

  1. Menggunakan pasta gigi khusus

Pasta gigi khusus untuk gigi berlubang umunya akan mengandung lebih banyak kalsiun dan xylitol yang berteujuan untuk memperbaiki email gigi yang rusak dan berlubang.

  1. Berkumur dengan air garam

Saat terasa nyeri, apalagi mulai membengkak pertolongan pertama yang bisa dilakukan yakni dengan berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat. Air garam diketahui dapat menjadi anti bakteri.  Caranya larutkan 1 sendok garam dengan segals atau setara dengan 250 cc air hangat. Kalian juga bisa mencampurnya dengan perasan air jeruk kedalamnya.

  1. Mengkonsumsi sumber kalsium

Cara merawat gigi yang berlubang dapat dilakukan dengan melakukan perawatan secara intensif. mengkonsumsi air atau makanan yang berkalsium tinggi akan membantu dan mendukung secara internal perbaikan gigi yang berlubang tersebut. sumber makanan berkalsium tinggi antara lain susu, telur, dan multivitamin kalsium lainnya.

Konsultasi dengan dokter gigi merupakan cara wajib yang harus dilakukan sembari merawat gigi seperti yang telah dijelaskan diatas. Dengan berkonsultasi pada dokter, masalah pada gigi akan lebih jelas dan tahu bagaimana cara menanganinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak Lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY