Berita Terkini: Lawatan ke Jepang, Raja Salman Pamerkan Eskalator Emas!

0
1062
king salman
Copyright©Twitter/atozarabic

Berita Terkini: Lawatan ke Jepang, Raja Salman Pamerkan Eskalator Emas!

Indowarta.com – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al – Saud bersama dengan seribu rombongan yang dibawanya kini telah tiba di negeri sakura Jepang.

Dikunjungan kenegaraannya yang berlangsung kurang lebih selama lima hari tersebut, Raja Salman layaknya di Indonesia membawa escalator sendiri, namun kali ini escalator tersebut adalah escalator emas. Ia juga turut memesan puluhan limosin.

Kunjungan ke Jepang itu adalah bagian turnya ke beberapa negara di Asia, setelah sebelumnya ia mengunjungi negeri Jiran Malaysia dan juga Indonesia. Ini adalah bagian dari rencananya guna mendeverifikasi perekonomian negara Arab Saudi agar tidak hanya mengandalkan minyak.

Lebih dari 1.200 kamar di beberapa hotel yang paling mewah di Tokyo juga telah dipesan untuk rombongan yang dibawa oleh Raja Salman. Puluhan limosin pun juga telah dipesan yang nantinya akan digunakan oleh Raja dan rombongan untuk berkendara di Jepang.

Arab Saudi adalah negara pemasok minyak terbesar ke negara Jepang. Namun Raja Salman juga berharap jika dapat mendiverifikasikan ekonomi ke sector non – energi seperti manufaktur jika harga minyak mengalami penurunan.

Yoshihide Suga selaku Kepala Sekretaris Jepang menuturkan jika Tokyo inigin dapat menyediakan dukungan untuk Riyadh. Ia menerangkan akan melakukan diskusi terkait strategi pertumbuhan, yang juga termasuk dalam proyek ‘Saudi Vision’. Yang merujuk pada kerjasama Jepang dengan Vision 2030, peta yang telah diangkat oleh Arab Saudi pada tahun 2016 yang bertujuan untuk pembangunan dan ekonomi.

king salman Japan
Copyright©AssosiatedPressPhoto

Raja Salman juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, keduanya telah setuju untuk mendirikan sebuah studi kelayakan guna mengeksplorasi apakan mereka harus mempersiapkan zona ekonomi khusus dalam Arab Saudi.

Lewat zona itu, Riyadh akan melakukan penawaran insentif pajak serta bea cukai yang akan mendorong perusahaan – perusahaan di negara Jepang membangun pabrik dan juga pusat penelitian dan pengembangan di daerah tertentu yang berada di negara yang di pimpin oleh Raja Salman tersebut.

Dalam langkah yang berkaitan dengan persoalan tersebut, media local pun memiliki prediksi jika perusahaan mobil Toyota akan mulai melihat pembangunan pabrik mobil di daerah Arab Saudi.

BACA JUGA Berita Terkini: Momen Unik Raja Salman Tinggalkan Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here