Moment Tak Terlupakan Presiden Jokowi Saat Oles Balsem di Kaki KH Hasyim Muzadi Saat Umroh!

0
1003
KH Hasyim Muzadi
Copyright©Facebook/Presiden Joko Widodo

Moment Tak Terlupakan Presiden Jokowi Saat Oles Balsem di Kaki KH Hasyim Muzadi Saat Umroh!

Indowarta.com – Melalui akun Facebook pribadinya Presiden Joko Widodo atau Jokowi berduka cita atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi sembari mengunggah foto dirinya bersama almarhum. Diketahui KH Hasyim menghembuskan napas terakhirnya pagi hari ini, Kamis, 16 Maret 2017.

“Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi,” tulis Jokowi.

Menurut Jokowi bangsa ini kehilangan satu ulama, sosok guru dan penjaga terdepan kebhinekaan. Bagi Presiden RI ini, KH Hasyim merupakan seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Siap Digelar Besok, Begini Reaksi Presiden Jokowi
KH Hasyim Muzadi
Copyright©Facebook/Presiden Joko Widodo

Jokowi juga menuliskan bahwa KH Hasyim Muzadi juga pernah memimpin Nahdlatul Ulama sambil terus mengasuh Pondok Pesantren Al Hikam yang bertempat di Malang, dan hingga akhir hayatnya beliau masih menjabat sebagai Anggota Dewan  Pertimbangan Presiden.

Jokowi merasa kehilangan sosok KH Hasyim. Tak lupa ia juga mendoakan agar almarmun mendaoatkan tempat terbaik di sisiNya.

“Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah. Selamat jalan, Kiai Hasyim …,” tutup Jokowi dalam keterangan tersebut.

Kehilangan Jokowi atas kepergian KH Hasyim Muzadi sangat beralasan. Karena mantan ketua Umum PBNU tersebut merupakan salah satu orang yang selal dekat dan mendampingi Jokowi sejak pemilihan Presiden 2014 lalu.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Siap Digelar Besok, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Dengan sikapnya yang lembut dan menyejukkan Kiai Hasyim selalu meluruskan isu miring tentang Jokowi saat gelombang penolakan dan caci maki menerpa Jokowi saat Pilpres 2014 silam. Banyak peristiwa yang memperlihatkan kedekatan antara keduanya.

Salah satunya yakni peristiwa yang kini ramai diperbincangkan, saat Jokowi Umrah ke Tanah Suci Mekah pada 6 Juli 2014 lalu bersama kiai Hasyim. Saat berada di Mekah, keakraban keduanya tampak jelas. Hal itu terlihat saat Jokowi mengoleskan balsem cair ke betis KH Hasyim Muzadi yang kelelahan di Bandara Madinah sebelum terbang ke Jeddah.

Keduanya nampak kompak mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang duduk berdampingan di sebuah kursi panjang, seperti kursi tunggu. Dengan sabar Jokowi mengoleskan balsem cair ke betis kiai Hasyim, sudah terlihat seperti anak dan orang tuanya.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Siap Digelar Besok, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Hingga akhirnya Jokowi menang Pilpres 2014, dan mengangkat KH Hasyim Muzadi sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Jabwatn tersebut diemban oleh KH Hasyim hingga tutup usia.

Baca Juga Upacara Militer Sebagai Tanda, Jenazah KH Hasyim Muzadi Diterbangkan Ke Depok!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY